ALY, MOH. HABIB (2022) ANALISIS KEMEMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
1. SAMPUL.pdf
Download (62kB)
2. AWALAN.pdf
Download (856kB)
3. BAB I.pdf
Download (386kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (429kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (400kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (995kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (312kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (385kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa. Kemampuan komunikasi matematis memiliki 4 indikator untuk diteliti diantaranya : (1) Menuliskan, menjelaskan, dan menyajikan ide-ide matematika secara tertulis, (2) Menginterpretasikan, dan mengevaluasi ideide matematis secara tertulis. (3) Menafsirkan solusi yang diperoleh ataupun menggunakan representasi meyeluruh untuk menyatakan konsep matematika dan solusinya, (4) Kemampuan menjelaskan kesimpulan yang diperoleh. Penelitian ini bertujuan utuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model pembelajaran cooperative script pada materi bilangan bulat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengambilan data dilakukan pada siswa kelas VII F2 MTs Attanwir Talun Sumberrejo tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data menggunakan Tes uraian (essay) komunikasi matematis, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan meningkatkan ketekunan, Triangulasi, pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi. Data pada penelitian ini diperoleh melalui dua metode. Yaitu dengan metode tes tertulis dan wawancara. Pengambilan subjek pada pada penelitian ini dilakukan dengan melakukan tes tertulis kemampuan awal siswa terkait dengan materi bilangan bulat, yakni mengerjakan soal-soal operasi bilangan bulat penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Kemudian berdasarkan hasil tes, maka akan dipilih enam subjek sesuai dengan penyajian data untuk dilakukan tes kemampuan komunikasi matematis siswa dalam materi bilanga bulat dan di bagi dalam 3 kategori (1) Subjek nilai rendah (2) Subjek nilai sedang (3) Subjek nilai tinggi. Pemilihan subjek awal untuk diberikan tes kemampuan awal adalah 6 siswa kelas VII F2 MTs Attanwir Talun Sumberrejo Bojonegoro.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mathematical Communication, Cooperative Script |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 511 Prinsip-prinsip umum matematika 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 519 Probabilitas dan matematika terapan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Moh. Habib Aly |
Date Deposited: | 06 Dec 2023 06:59 |
Last Modified: | 06 Dec 2023 06:59 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor FITRI, ANISA NIDN0719049202 Thesis advisor CINDARBUMI, FESTIAN NIDN0709068903 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4735 |