ANALISIS KEMEMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT

ALY, MOH. HABIB (2022) ANALISIS KEMEMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of 1. SAMPUL.pdf] Text
1. SAMPUL.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 2. AWALAN.pdf] Text
2. AWALAN.pdf

Download (856kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (386kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (995kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (312kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (385kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa. Kemampuan komunikasi matematis memiliki 4 indikator untuk diteliti diantaranya : (1) Menuliskan, menjelaskan, dan menyajikan ide-ide matematika secara tertulis, (2) Menginterpretasikan, dan mengevaluasi ideide matematis secara tertulis. (3) Menafsirkan solusi yang diperoleh ataupun menggunakan representasi meyeluruh untuk menyatakan konsep matematika dan solusinya, (4) Kemampuan menjelaskan kesimpulan yang diperoleh. Penelitian ini bertujuan utuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model pembelajaran cooperative script pada materi bilangan bulat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengambilan data dilakukan pada siswa kelas VII F2 MTs Attanwir Talun Sumberrejo tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data menggunakan Tes uraian (essay) komunikasi matematis, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan meningkatkan ketekunan, Triangulasi, pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi. Data pada penelitian ini diperoleh melalui dua metode. Yaitu dengan metode tes tertulis dan wawancara. Pengambilan subjek pada pada penelitian ini dilakukan dengan melakukan tes tertulis kemampuan awal siswa terkait dengan materi bilangan bulat, yakni mengerjakan soal-soal operasi bilangan bulat penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Kemudian berdasarkan hasil tes, maka akan dipilih enam subjek sesuai dengan penyajian data untuk dilakukan tes kemampuan komunikasi matematis siswa dalam materi bilanga bulat dan di bagi dalam 3 kategori (1) Subjek nilai rendah (2) Subjek nilai sedang (3) Subjek nilai tinggi. Pemilihan subjek awal untuk diberikan tes kemampuan awal adalah 6 siswa kelas VII F2 MTs Attanwir Talun Sumberrejo Bojonegoro.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Mathematical Communication, Cooperative Script
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 511 Prinsip-prinsip umum matematika
500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 519 Probabilitas dan matematika terapan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Moh. Habib Aly
Date Deposited: 06 Dec 2023 06:59
Last Modified: 06 Dec 2023 06:59
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
FITRI, ANISA
NIDN0719049202
Thesis advisor
CINDARBUMI, FESTIAN
NIDN0709068903
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4735

Actions (login required)

View Item
View Item