Sayyidatun Niswati, Siti Rochmatul (2023) Efektifitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem solving Untuk Meningkatkan Kecerdasan Adversitas Pada Siswa MTs Yaspira. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
![[thumbnail of COVER.pdf]](https://repository.unugiri.ac.id:8443/style/images/fileicons/text.png)
COVER.pdf
Download (312kB)
![[thumbnail of Awalan.pdf]](https://repository.unugiri.ac.id:8443/style/images/fileicons/text.png)
Awalan.pdf
Download (863kB)
![[thumbnail of Bab I.pdf]](https://repository.unugiri.ac.id:8443/style/images/fileicons/text.png)
Bab I.pdf
Download (369kB)
![[thumbnail of Bab II.pdf]](https://repository.unugiri.ac.id:8443/style/images/fileicons/text.png)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (511kB) | Request a copy
![[thumbnail of Bab III.pdf]](https://repository.unugiri.ac.id:8443/style/images/fileicons/text.png)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (449kB) | Request a copy
![[thumbnail of Bab IV.pdf]](https://repository.unugiri.ac.id:8443/style/images/fileicons/text.png)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (462kB) | Request a copy
![[thumbnail of Bab V.pdf]](https://repository.unugiri.ac.id:8443/style/images/fileicons/text.png)
Bab V.pdf
Download (287kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]](https://repository.unugiri.ac.id:8443/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Pustaka.pdf
Download (436kB)
![[thumbnail of Lampiran.pdf]](https://repository.unugiri.ac.id:8443/style/images/fileicons/text.png)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (916kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas bimbingan kelompok dengan teknik problem-solving dalam meningkatkan kecerdasan adversitas siswa di MTs Yaspira Ngambon Bojonegoro tahun pelajaran 2022/2023. Metode penelitian menggunakan desain eksperimen quasi dengan pretest dan posttest. Hasil analisis data menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik problemsolving secara signifikan meningkatkan kecerdasan adversitas siswa. Data hasil penelitian ini adalah nilai post-test diperoleh hasil uji-t sebesar 0,007 < 0,05, menunjukkan bahwa hasil kecerdasaran diversitas kelas eksperimen pada saat diberikan perlakukan dengan bimbingan kelompok teknik problem solving lebih baik daripada kelas kontrol yang tidak menggunakan bimbingan kelompok teknik problem solving. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok teknik problem solving ini berpengaruh terhadap kecerdasaran diversitas.Temuan ini memili ki implikasi penting dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menghadapi tantangan, mengatasi kesulitan, dan mengembangkan keterampilan pemecahan masalah. Penelitian ini memberikan dasar empiris untuk mengintegrasikan pendekatan problem-solving dalam kurikulum pendidikan
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Adversitas, Problem-Solving, Bimbingan Kelompok |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | Siti Rochmatul Sayyidatun Niswati |
Date Deposited: | 23 Sep 2023 08:38 |
Last Modified: | 23 Sep 2023 08:38 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Srianturi, Yanuari NIDN0717019401 Thesis advisor Setyoningsih, Yunita Dwi NIDN0710068404 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4610 |