Efektifitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem solving Untuk Meningkatkan Kecerdasan Adversitas Pada Siswa MTs Yaspira

Sayyidatun Niswati, Siti Rochmatul (2023) Efektifitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem solving Untuk Meningkatkan Kecerdasan Adversitas Pada Siswa MTs Yaspira. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (312kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (863kB)
[thumbnail of Bab I.pdf] Text
Bab I.pdf

Download (369kB)
[thumbnail of Bab II.pdf] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III.pdf] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV.pdf] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V.pdf] Text
Bab V.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (436kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (916kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas bimbingan kelompok dengan teknik problem-solving dalam meningkatkan kecerdasan adversitas siswa di MTs Yaspira Ngambon Bojonegoro tahun pelajaran 2022/2023. Metode penelitian menggunakan desain eksperimen quasi dengan pretest dan posttest. Hasil analisis data menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik problemsolving secara signifikan meningkatkan kecerdasan adversitas siswa. Data hasil penelitian ini adalah nilai post-test diperoleh hasil uji-t sebesar 0,007 < 0,05, menunjukkan bahwa hasil kecerdasaran diversitas kelas eksperimen pada saat diberikan perlakukan dengan bimbingan kelompok teknik problem solving lebih baik daripada kelas kontrol yang tidak menggunakan bimbingan kelompok teknik problem solving. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok teknik problem solving ini berpengaruh terhadap kecerdasaran diversitas.Temuan ini memili ki implikasi penting dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menghadapi tantangan, mengatasi kesulitan, dan mengembangkan keterampilan pemecahan masalah. Penelitian ini memberikan dasar empiris untuk mengintegrasikan pendekatan problem-solving dalam kurikulum pendidikan

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Adversitas, Problem-Solving, Bimbingan Kelompok
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Siti Rochmatul Sayyidatun Niswati
Date Deposited: 23 Sep 2023 08:38
Last Modified: 23 Sep 2023 08:38
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Srianturi, Yanuari
NIDN0717019401
Thesis advisor
Setyoningsih, Yunita Dwi
NIDN0710068404
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4610

Actions (login required)

View Item
View Item