IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING (TGFU) TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PASSING BAWAH BOLA VOLI SISWA KELAS V SDN WONOSARI KECAMATAN SENORI KABUPATEN TUBAN

Meliandi, Febri Nuzma (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING (TGFU) TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PASSING BAWAH BOLA VOLI SISWA KELAS V SDN WONOSARI KECAMATAN SENORI KABUPATEN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdhlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (590kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (386kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (710kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari temuan di lapangan bahwa pelaksanaan pemebalajaran masih kurang efektif. Sebagian siswa masih banyak yang hanya menonton temannya, sehingga penguasaan teknik dasar keterampilan bola voli masih belum merata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan pembelajaran model Teaching games For Understanding (TGFU) terhadap peningkatan keterampilan passing bawah bermain bola voli siswa dalam pembelajaran PJOK kelas V SDN Wonosari Kecamatan Senori Kabupaten Tuban. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental dengan desain one group pretest and posttest design. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan siswa berjumlah 16 sebagai sampel dengan teknik pengambilan sampelnya adalah purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket tes keterampilan passing bawah bola voli. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa terdapat dampak yang signifikan dari pembelajaran model Teaching games For Understanding (TGFU) terhadap keterampilan passing bawah bola voli siswa kelas V SDN Wonosari Kecamatan Senori Kabupaten Tuban. Dengan nilai probabilitas atau Sig. = 0,000 (Sig. <0,05), maka H1 diterima. Nilai rata-rata posttest lebih tinggi daripada nilai rata-rata pretest (9,88 > 6,88). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model Teaching games For Understanding (TGFU) mampu memberikan perbaikan sebesar 44% dalam hasil keterampilan passing bawah bola voli siswa kelas V SDN Wonosari Kecamatan Senori Kabupaten Tuban.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Teaching games for understanding, passing bawah bola voli
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
700 - Seni dan Rekreasi > 790 Olahraga, permainan dan hiburan > 796 Athletic and Outdoor Sports/Atletik dan Olahraga Luar Ruangan
700 - Seni dan Rekreasi > 790 Olahraga, permainan dan hiburan > 796 Athletic and Outdoor Sports/Atletik dan Olahraga Luar Ruangan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: FEBRI NUZMA MELIANDI
Date Deposited: 23 Sep 2023 07:33
Last Modified: 23 Sep 2023 07:33
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Da'i, Mohamad
NIDN0719089401
Thesis advisor
Saifuddin, Hasan
NIDN0716039801
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4602

Actions (login required)

View Item
View Item