Meliandi, Febri Nuzma (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING (TGFU) TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PASSING BAWAH BOLA VOLI SISWA KELAS V SDN WONOSARI KECAMATAN SENORI KABUPATEN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdhlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (201kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (590kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (386kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (710kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini berawal dari temuan di lapangan bahwa pelaksanaan pemebalajaran masih kurang efektif. Sebagian siswa masih banyak yang hanya menonton temannya, sehingga penguasaan teknik dasar keterampilan bola voli masih belum merata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan pembelajaran model Teaching games For Understanding (TGFU) terhadap peningkatan keterampilan passing bawah bermain bola voli siswa dalam pembelajaran PJOK kelas V SDN Wonosari Kecamatan Senori Kabupaten Tuban. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental dengan desain one group pretest and posttest design. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan siswa berjumlah 16 sebagai sampel dengan teknik pengambilan sampelnya adalah purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket tes keterampilan passing bawah bola voli. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa terdapat dampak yang signifikan dari pembelajaran model Teaching games For Understanding (TGFU) terhadap keterampilan passing bawah bola voli siswa kelas V SDN Wonosari Kecamatan Senori Kabupaten Tuban. Dengan nilai probabilitas atau Sig. = 0,000 (Sig. <0,05), maka H1 diterima. Nilai rata-rata posttest lebih tinggi daripada nilai rata-rata pretest (9,88 > 6,88). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model Teaching games For Understanding (TGFU) mampu memberikan perbaikan sebesar 44% dalam hasil keterampilan passing bawah bola voli siswa kelas V SDN Wonosari Kecamatan Senori Kabupaten Tuban.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teaching games for understanding, passing bawah bola voli |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar 700 - Seni dan Rekreasi > 790 Olahraga, permainan dan hiburan > 796 Athletic and Outdoor Sports/Atletik dan Olahraga Luar Ruangan 700 - Seni dan Rekreasi > 790 Olahraga, permainan dan hiburan > 796 Athletic and Outdoor Sports/Atletik dan Olahraga Luar Ruangan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | FEBRI NUZMA MELIANDI |
Date Deposited: | 23 Sep 2023 07:33 |
Last Modified: | 23 Sep 2023 07:33 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Da'i, Mohamad NIDN0719089401 Thesis advisor Saifuddin, Hasan NIDN0716039801 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4602 |