AHMAD, QOMARUDIN RAFLI SYAH (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP TEKNIK DASAR PASSING DALAM SEPAK BOLA DI MTs UMMI KAMILAH SUNAN DRAJAT. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (176kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (211kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (786kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (446kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (202kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (87kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (333kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Kemampuan passing dalam permainan sepak bola siswa masih tergolong rendah, itu dapat dilihat dari nilai hasil tes passing siswa masih dibawah rata-rata yaitu 67,20. Rendahnya kemampuan passing siswa dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan guru cenderung monoton sehingga siswa kurang optimal. Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap teknik dasar passing dalam sepak bola di MTs Ummi Kamilah Sunan Drajat. Model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) mampu menciptakan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan bagi siswa selama proses pembelajaran.
Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitiaan ini adalah pre eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa model pembelajaran kooperatid tipe student teams achievement divison (STAD) dapat meningkatkan teknik dasar passing dalam pembelajaran sepak bola siswa. Adapun data penelitian berjumlah 15 siswa di MTs Ummi Kamilah Sunan Drajat dan kemudian masing-masing siswa diberikan pretest dan posttest.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil passing siswa dengan menggunakan model pembelajaran tipe STAD yaitu hasil kemampuan akhir rata-rata siswa sebesar 82,3dengan nilai terendah adalah sebesar 67 dan nilai tertinggi sebesar 100. Hal ini menuunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai sebelum perlakuan (pretest) dengan rata-rata nilai setelah perlakuan (posttest). Kemudian setelah dilakukan pengujian hipotesis diperoleh hasil uji hipotesis dengan nilai sig.(2-tailed) adalah sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa nilai
probabilitas < 0,05 yang berarti bahwa Ho dalam penelitian ini ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievment division (STAD) terhadap teknik dasar passing siswa kelas VIII MTs Ummi Kamilah Sunan Drajat.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran STAD, Teknik Dasar Passing Sepak Bola |
Subjects: | 700 - Seni dan Rekreasi > 790 Olahraga, permainan dan hiburan > 796 Athletic and Outdoor Sports/Atletik dan Olahraga Luar Ruangan 700 - Seni dan Rekreasi > 790 Olahraga, permainan dan hiburan > 796 Athletic and Outdoor Sports/Atletik dan Olahraga Luar Ruangan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Unnamed user with email 3220190340@unugiri.ac.id |
Date Deposited: | 22 Sep 2023 02:07 |
Last Modified: | 22 Sep 2023 02:07 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor CAHYANI, OLIVIA DWI NIDN0729098702 Thesis advisor PRIADANA, BENNY WIDYA NIDN0703078902 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4546 |