PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP TEKNIK DASAR PASSING DALAM SEPAK BOLA DI MTs UMMI KAMILAH SUNAN DRAJAT

AHMAD, QOMARUDIN RAFLI SYAH (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP TEKNIK DASAR PASSING DALAM SEPAK BOLA DI MTs UMMI KAMILAH SUNAN DRAJAT. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (333kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan passing dalam permainan sepak bola siswa masih tergolong rendah, itu dapat dilihat dari nilai hasil tes passing siswa masih dibawah rata-rata yaitu 67,20. Rendahnya kemampuan passing siswa dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan guru cenderung monoton sehingga siswa kurang optimal. Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap teknik dasar passing dalam sepak bola di MTs Ummi Kamilah Sunan Drajat. Model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) mampu menciptakan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan bagi siswa selama proses pembelajaran.
Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitiaan ini adalah pre eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa model pembelajaran kooperatid tipe student teams achievement divison (STAD) dapat meningkatkan teknik dasar passing dalam pembelajaran sepak bola siswa. Adapun data penelitian berjumlah 15 siswa di MTs Ummi Kamilah Sunan Drajat dan kemudian masing-masing siswa diberikan pretest dan posttest.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil passing siswa dengan menggunakan model pembelajaran tipe STAD yaitu hasil kemampuan akhir rata-rata siswa sebesar 82,3dengan nilai terendah adalah sebesar 67 dan nilai tertinggi sebesar 100. Hal ini menuunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai sebelum perlakuan (pretest) dengan rata-rata nilai setelah perlakuan (posttest). Kemudian setelah dilakukan pengujian hipotesis diperoleh hasil uji hipotesis dengan nilai sig.(2-tailed) adalah sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa nilai
probabilitas < 0,05 yang berarti bahwa Ho dalam penelitian ini ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievment division (STAD) terhadap teknik dasar passing siswa kelas VIII MTs Ummi Kamilah Sunan Drajat.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran STAD, Teknik Dasar Passing Sepak Bola
Subjects: 700 - Seni dan Rekreasi > 790 Olahraga, permainan dan hiburan > 796 Athletic and Outdoor Sports/Atletik dan Olahraga Luar Ruangan
700 - Seni dan Rekreasi > 790 Olahraga, permainan dan hiburan > 796 Athletic and Outdoor Sports/Atletik dan Olahraga Luar Ruangan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Unnamed user with email 3220190340@unugiri.ac.id
Date Deposited: 22 Sep 2023 02:07
Last Modified: 22 Sep 2023 02:07
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
CAHYANI, OLIVIA DWI
NIDN0729098702
Thesis advisor
PRIADANA, BENNY WIDYA
NIDN0703078902
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4546

Actions (login required)

View Item
View Item