PENERAPAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF SISWA ABU DARRIN

Alkar, Aqsya Zahrah (2023) PENERAPAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF SISWA ABU DARRIN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (606kB)
[thumbnail of BAB_I.pdf] Text
BAB_I.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (353kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku Asertif merupakan perilaku seseorang untuk bertindak sendiri terkait kebutuhan dirinya tanpa adanya rasa cemas, sehingga dapat mengekspresikan perasaan jujur, tenang, dan nyaman, selain itu individu dapat memanfaatkan hak pribadi tanpa menyalahi hak orang lain. Berdasarkan uraian mengenai perilaku asertif yang telah dikemukakan beberapa ahli tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa Perilaku Asertif adalah seseorang yang mempunyai kemampuan untuk menyatakan perasaan, pendapat, jujur dan tegas tanpa ada rasa cemas dan tidak merugikan orang lain. Penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Design dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design yaitu penerapan teknik latihan asertif dengan bimbingan kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas VIII sekolah MTs Abu Darrin Kendal Bojonegoro dengan kategori soal terbanyak yaitu sedang 80%, rendah 19% dan tinggi 17%. Hasil posttest menunjukkan adanya peningkatan komunikasi interpersonal sebesar 13% siswa yang diberikan layanan dengan layanan bimbingan kelompok yang dapat memfasilitasi teknik Assertive Training untuk meningkatkan perilaku asertif siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Teknik Assertive Training, Bimbingan Kelompok, Perilaku Asertif
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Aqsya Zahrah Alkar
Date Deposited: 21 Sep 2023 03:48
Last Modified: 21 Sep 2023 03:48
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Novitasari, Zeti
NIDN0711118702
Thesis advisor
Setyoningsih, Yunita
NIDN0710068404
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4509

Actions (login required)

View Item
View Item