PENGEMBANGAN PANDUAN PELATIHAN TEKNIK SCALING UNTUK MENINGKATKAN KETERBUKAAN DIRI SISWA

Putri, Asrorul Mufida (2023) PENGEMBANGAN PANDUAN PELATIHAN TEKNIK SCALING UNTUK MENINGKATKAN KETERBUKAAN DIRI SISWA. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (40kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (514kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (382kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (602kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

Keterbukaan diri merupakan jenis komunikasi dimana kita mengungkapkan informasi tentang diri kita sendiri yang biasanya kita sembunyikan secara sukarela dalam rangka mengembangkan kedekatan (intimacy) terhadap lawan interaksinya. Layanan bimbingan kelompok adalah layanan bimbingan yang diberikan dalam suasana kelompok. Dalam buku panduan ini intervensi yang dilakukan oleh konselor dengan menggunakan teknik scaling di dalamnya. Scaling (Penskalaan) adalah teknik yang membantu konselor maupun klien untuk membuat masalah kompleks tampak lebih konkret dan nyata.
Dari analisis kuisioner yang dibagikan pada tiga sekolah dibeberapa kecamatan di kabupaten bojonegoro terdapat 10 siswa yang keterbukaan diri sangat rendah dengan tingkat prosentase 7,8%. 25 Siswa yang memiliki tingkat keterbukaan diri rendah dengan presentase 13.3%. 35 siswa yang tingkat keterbukaan diri tinggi dengan prosentase 60.5%. 13 siswa yang memiliki tingkat keterbukaan diri sangat tinggi dengan prosentasi 15.7%. Hasil dari buku panduan ini telah melewati tahap tiga uji ahli beimbingan dan konseling, uji media dan uji calon pengguna. Berdasarkan hasil penilaian dari ketiga uji ahli tersebut bahwa panduan pelatihan teknik scaling untuk meningkatkan keterbukaan diri siswa tersebut berguna untuk meningkatkan keterbukaan diri siswa, simpulan yang didapatkan dari ketiga uji ahli adalah buku panduan tersebut layak, tepat, dan dapat digunakan sebagai panduan untuk konselor SMK/SMA/MA.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan Konseling, Teknik Scaling, Keterbukaan Diri
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Asrorul Mufida Putri
Date Deposited: 21 Sep 2023 03:12
Last Modified: 21 Sep 2023 03:12
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Cahyaningrum, Vesti Dwi
NIDN0715049401
Thesis advisor
Setyoningsih, Yunita Dwi
NIDN0710068404
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4508

Actions (login required)

View Item
View Item