Silfiani, Dewi Kusnul (2023) Keefektifan Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Self Management untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik siswa di SMK Negeri 03 Bojonegoro. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (123kB)
awalan .pdf
Download (352kB)
BAB I.pdf
Download (401kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (522kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (432kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (570kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (367kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (373kB)
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Prokrastinasi akademik tinggi merupakan suatu perilaku yang disebabkan oleh keadaan siswa yang belum bisa mengatur dirinya sendiri sesuai dengan keadaan dalam berbagai hal, utamanya dalam kegiatan belajar disekolah, yakni mengoperasikan smartphone sampai lupa waktu, sehingga menghambat pencapaian belajar baik akademik maupun non akademik. Tujuan penelitian ini adalah menurunkan perilaku prokrastinasi akademik siswa dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk menjadi lebih baik.Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen design dengan uji efektifitas design one-group pretest-postest. Uji instrument dilakukan oleh 2 pakar keilmuan bimbingan konseling. Disebarkan pada siswa kelas X,XI, dan XII SMKN 03 Bojonegoro dengan jumlah responden 107. Pengumpulan data menggunakan instrument prokrastinasi, teknik purposif sampling untuk memilih satu kelompok 8 anggota dari 107 siswa pemberian treatmen konseling kelompok teknik self management. Analisis dalam penelitian ini menggunakan statistik parametik dengan melalui uji paired sample two test.Hasil dari nilai rata-rata pre-test 84% dengan kategori tinggi dan hasil pos-test rata-rata 47%. Nilai tersebut menunjukkan bahwa ada penurunan prokrastinasi setelah diberikan treatment. Untuk uji normalitas mendapat nilai sig 0,086 yang artinya data berdistribusi normal karena >0,05. Uji paired sample t-tes mendapat nilai 0,000 yang artinya ada penurunan pada prokrastinasi akademik. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi peneliti selanjutnya mengembangkan dan dapat dijadikan refrensi untuk konseling kelompok dengan teknik self management untuk mengurangi perilaku prorastinasi akademik siswa
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konseling Kelompok, Self Management, Prokrastinasi |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | DEWI KUSNUL SILFIANI |
Date Deposited: | 21 Sep 2023 01:58 |
Last Modified: | 21 Sep 2023 01:58 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Ayu Distira, Riski Putra NIDN0702019301 Thesis advisor Afriliyanto, Agus NIDN0716048904 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4485 |