PENGEMBANGAN MODEL BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN EXPERIENTAL LEARNING TECHNIQUE UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SMP/MTS

MUNAWAROH, SITI MASLIKHATUM (2023) PENGEMBANGAN MODEL BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN EXPERIENTAL LEARNING TECHNIQUE UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SMP/MTS. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nadhlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (464kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (879kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (379kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Kecerdasan emosional merupakan kemampuan untuk memotivasi diri, dan bertahan menghadapi frustasi, layanan bimbingan kelompok adalah layanan bimbingan yang diberikan dalam suasana kelompok. aspek-aspek kecerdasan emosional adalah Mengenali emosi diri sendiri, mengelola emosi, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain, dan membina hubungan baik. kecerdasan emosional yang rendah mampu menyebabkan individu sulit memberi dan menerima masukan atau keritik, tidak sabar, pemarah, bertindak agresif, memiliki tujuan hidup yang tidak jelas, tidak baik dalam berhubungan sosial, dan kurang mampu menyelesaikan konflik sosial.
Pada penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian pengembangan atau research and development (R&D) dengan jumlah populasi 958 dan jumlah sempel 282 resonden. Instrument pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, angket, skala kecerdasan emosional, dan observasi. Dari uji validitas mendapatkan hasil 53 item pertanyaan yang valid dan memiliki nilai realibilitas 0,734 maka data dinyatakan reliable.
Dari uji paired sampel t-test secara keseluruhan dan peraspek mendapatkan hasil 0,000 hasil sig 2 tailed 000< 0,05 artinya bimbingan kelompok dengan teknik experiental learninig efektif untuk meningkatkan kecerdasan emosional serta aspek mengenali emosi diri sendiri, mengelola emosi, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain dan membina hubungan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Experiental Learning, Siswa
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 305 Kelompok-kelompok sosial
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: SITI MASLIKHATUM MUNAWAROH
Date Deposited: 19 Sep 2023 07:12
Last Modified: 19 Sep 2023 07:12
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Cahyaningrum, Vesti
NIDN0715049401
Thesis advisor
Rachmawati, Ulvina
NIDN0705069006
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4440

Actions (login required)

View Item
View Item