KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMATANGAN KARIR SISWA DI SMKN 3 BOJONEGORO

ULVIANA, AYULIA (2023) KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMATANGAN KARIR SISWA DI SMKN 3 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLOTUL ULAMA SUNAN GIRI.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (646kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Tingkat pengangguran di Indonesia yang semakin meningkat merupakan salah satu akibat dari rendahnya kematangan karir. Bukan hanya siswa SMA, siswa SMK yang merupakah sekolah kejuruan juga masih ada beberapa siswa yang memiliki kematangan karir rendah. Dalam penelitian ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan tujuan untuk mengetahui seberapa tingkat kematangan karir pada siswa kelas XII MM di SMKN 3 Bojonegoro sebelum (pra siklus) dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik problem solving. Teknik analisis data yang digunakan berdasarkan pada hasil observasi dan wawancara serta refleksi dari kondisi awal (pra siklus), siklus I, dan siklus II. Sedangkan teknik pengambilan data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kematangan karir setelah pemberian layanan menggunakan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving. Hal ini terbukti dari hasil analisis yang dilakukan oleh peneliti bahwa pada hasil pra siklus mendapatkan skor rata-rata 5.5 dengan kategori “sangat kurang”, pada siklus 1 memperoleh skor rata-rata 9 dengan “kategori kurang”, dan pada siklus 2 memperoleh skor 14.8 dengan kategori “sangat baik”. Kesimpulan dari penelitian ini adalah agar bisa dijadikan sebagai bahan rujukan bagi pihak sekolah untuk membekali siswa dalam hal meningkatkan kematangan karir, serta menjadi rujukan bagi siswa untuk membekali dirinya dengan berbagai informasi dan pengetahuan yang berkaitan dengan kematangan karir.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: bimbingan kelompok, problem solving, kematangan karir
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Ayulia Ulviana
Date Deposited: 18 Sep 2023 08:32
Last Modified: 18 Sep 2023 08:32
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
AFRILIYANTO, AGUS
NIDN0716048904
Thesis advisor
EFENDI, MOH. YUSUF
NIDN0706018902
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4351

Actions (login required)

View Item
View Item