PENGEMBANGAN PANDUAN PELATIHAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF TALK UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMP

Rumiati, Siti (2023) PENGEMBANGAN PANDUAN PELATIHAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF TALK UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMP. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (659kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (563kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (467kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan permasalahan kepercayaan diri yang rendah yang ditandai dengan perilaku siswa kurang yakin dalam mengembangkan kemampuan dan potensi yang dimiliki, terutama pada kegiatan belajar di sekolah, sehingga akan menghambat keberhasilan yang maksimal dalam dirinya. Maka dari itu, diperlukan tingkat percaya diri yang tinggi untuk mengoptimalkannya. Model layanan bimbingan kelompok dengan teknik self talk dapat efektif untuk meningkatkan percaya diri siswa. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa panduan teknik self talk untuk meningkatkan percaya diri dengan menggunakan model layanan bimbingan kelompok yang dapat digunakan oleh guru bimbingan dan konseling atau konselor.
Penelitian ini menggunakan metode research and development melalui tiga uji ahli bimbingan dan konseling, tiga ahli media pembelajaran, dan tiga uji ahli calon pengguna produk (Konselor di SMPN 6 Bojonegoro, SMP Al-Amanah Bojonegoro, dan SMP IT Insan Permata Bojonegoro). Pada hasil analisis kuesioner yang dibagikan pada tiga sekolah SMP di tiga kecamatan Bojonegoro, diketahui bahwa 60% atau 60 siswa masuk pada skala sangat rendah, 34% atau 34 siswa masuk pada skala rendah, 6% atau 6 siswa masuk skala tinggi dan 0% masuk skala sangat tinggi. Berdasarkan hasil dari penilaian uji ahli tersebut menunjukkan bahwa panduan penelitian teknik self talk termasuk pada kriteria sangat berguna, layak, tepat dan menarik untuk digunakan sebagai panduan guru bimbingan dan konseling atau konselor.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: bimbingan kelompok, teknik self talk, kepercayaan diri siswa SMP
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Siti Rumiati
Date Deposited: 18 Sep 2023 03:37
Last Modified: 18 Sep 2023 03:37
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Cahyaningrum, Vesti Dwi
NIDN0715049401
Thesis advisor
Tawakkal, M. Iqbal
NIDN0707038802
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4310

Actions (login required)

View Item
View Item