KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK MASTERY EXPERIENCE UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI PADA SISWA SMK NEGERI NGRAHO

Aqwana, Yunirul (2023) KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK MASTERY EXPERIENCE UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI PADA SISWA SMK NEGERI NGRAHO. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (590kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (779kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (826kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (925kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (531kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (508kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Efikasi diri adalah keyakinan seseorang tentang kemampuannya sendiri untuk mengatur dirinya sendiri, menyelesaikan suatu tugas, mencapai suatu tujuan, menghasilkan sesuatu dan mengambil tindakan untuk meningkatkan keterampilan tertentu untuk ditunjukkan. Aspek-aspek dalam efikasi diri meliputi: level, generality, dan strength. Bimbingan kelompok teknik mastery experience dapat diterapkan dalam upaya meningkatkan efikasi diri siswa melalui tahapan berikut: tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan, tahap pengakhiran. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik melakukan penelitian dengan tujuan untuk mendeskripsikan keefektifan bimbingan kelompok teknik mastery experience untuk meningkatkan efikasi diri siswa.
Metodologi penelitian yang digunakan quasi experimental non equivalent control group design yang melibatkan 20 responden dari SMK Negeri Ngraho dengan tingkat efikasi diri rendah, yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu 10 kelompok kontrol dan 10 kelompok eksperimen. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan penyebaran skala efikasi diri. Berdasarkan uji validitas terdapat 56 item pernyataan yang valid dengan hasil uji reabilitas 0,1208.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran atau tingkat efikasi diri siswa SMK Negeri Ngraho yaitu kategori tinggi sebesar 14%, sedang sebesar 72%, dan rendah sebesar 14%. Berdasarkan hasil uji man-whitney diketahui 0,000 dimana hasil tersebut kurang dari 0,05 yang artinya Ha diterima (bimbingan kelompok teknik mastery experience efektif dalam meningkatkan efikasi diri siswa secara signifikan). Sedangkan hasil uji man – whitney untuk menguji aspek magnitue dan strenght adalah 0,000 dan untuk aspek generality adalah 0,002 dimana hasil tersebut kurang dari 0,05 yang artinya Ha diterima (bimbingan kelompok teknik mastery experience efektif dalam meningkatkan aspek magnitue, strength, generality siswa secara signifikan).

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Teknik Mastery Experience, Efikasi Diri
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan
100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: YUNIRUL AQWANA
Date Deposited: 18 Sep 2023 07:17
Last Modified: 18 Sep 2023 07:17
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Setyoningsih, Yunita Dwi
NIDN0710068404
Thesis advisor
Rachmawati, Ulvina
NIDN0705069006
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4297

Actions (login required)

View Item
View Item