Aqwana, Yunirul (2023) KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK MASTERY EXPERIENCE UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI PADA SISWA SMK NEGERI NGRAHO. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.
COVER.pdf
Download (121kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (590kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (779kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (826kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (925kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (531kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (508kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Efikasi diri adalah keyakinan seseorang tentang kemampuannya sendiri untuk mengatur dirinya sendiri, menyelesaikan suatu tugas, mencapai suatu tujuan, menghasilkan sesuatu dan mengambil tindakan untuk meningkatkan keterampilan tertentu untuk ditunjukkan. Aspek-aspek dalam efikasi diri meliputi: level, generality, dan strength. Bimbingan kelompok teknik mastery experience dapat diterapkan dalam upaya meningkatkan efikasi diri siswa melalui tahapan berikut: tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan, tahap pengakhiran. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik melakukan penelitian dengan tujuan untuk mendeskripsikan keefektifan bimbingan kelompok teknik mastery experience untuk meningkatkan efikasi diri siswa.
Metodologi penelitian yang digunakan quasi experimental non equivalent control group design yang melibatkan 20 responden dari SMK Negeri Ngraho dengan tingkat efikasi diri rendah, yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu 10 kelompok kontrol dan 10 kelompok eksperimen. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan penyebaran skala efikasi diri. Berdasarkan uji validitas terdapat 56 item pernyataan yang valid dengan hasil uji reabilitas 0,1208.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran atau tingkat efikasi diri siswa SMK Negeri Ngraho yaitu kategori tinggi sebesar 14%, sedang sebesar 72%, dan rendah sebesar 14%. Berdasarkan hasil uji man-whitney diketahui 0,000 dimana hasil tersebut kurang dari 0,05 yang artinya Ha diterima (bimbingan kelompok teknik mastery experience efektif dalam meningkatkan efikasi diri siswa secara signifikan). Sedangkan hasil uji man – whitney untuk menguji aspek magnitue dan strenght adalah 0,000 dan untuk aspek generality adalah 0,002 dimana hasil tersebut kurang dari 0,05 yang artinya Ha diterima (bimbingan kelompok teknik mastery experience efektif dalam meningkatkan aspek magnitue, strength, generality siswa secara signifikan).
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Kelompok, Teknik Mastery Experience, Efikasi Diri |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | YUNIRUL AQWANA |
Date Deposited: | 18 Sep 2023 07:17 |
Last Modified: | 18 Sep 2023 07:17 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Setyoningsih, Yunita Dwi NIDN0710068404 Thesis advisor Rachmawati, Ulvina NIDN0705069006 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4297 |