DLIYA'UDDIN, DLIYA'UDDIN (2023) ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN COFFEE SHOP MENGGUNAKAN KLASIFIKASI DATA MINING. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (249kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (238kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (645kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (234kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (453kB)
LAMPIRAN (2).pdf
Restricted to Registered users only
Download (373kB) | Request a copy
Abstract
Saat ini banyak Coffee shop di daerah Rembang yang menawarkan pelayanan dan penyajian yang baik dan menarik untuk menarik pelanggan sehingga membuat persaingan diantara Coffee shop semakin tinggi. Oleh sebab itu diperlukan strategi pemasaran yang tepat untuk dapat mempertahankan pelanggan agar mampu bertahan di bisnis ini. Salah satu strategi pemasaran yang tepat untuk bertahan dari persaingan tinggi dalam dunia usaha Coffee shop saat ini adalah dengan mempertahankan kepuasan pelanggannya. Untuk mendapatkan solusi yang lebih efisien terhadap kepuasan pelanggan Permakkopi, salah satu algoritma dari Data Mining yang dapat diterapkan adalah Algoritma C4.5. Untuk dapat solusi berdasarkan algoritma C4.5 maka tentukan atribut dan label yang akan diterapkan pada algoritma. Atribut yang akan digunakan adalah produk, promosi, tempat, harga, dan pelayanan. Lalu untuk label yang akan digunakan alah puas atau tidak puas. Dengan mengumpulkan ulasan dikembangkanlah sistem yang dapat mengumpulkan ulasan dari pelanggan. Sistem ini telah menerapkan algoritma C4.5 sehingga sistem dapat menentukan kepuasan dari pelanggan. Hasil dari penerapan algoritma C4.5 pada sistem yang dikembangkan mendapatkan 76 pelanggan puas dan 29 pelanggan yang tidak puas dengan 105 total jumlah ulasan.