Keefektifan Teknik Sosiodrama dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa SMPN 1 Trucuk

Lindayati, Lindayati (2023) Keefektifan Teknik Sosiodrama dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa SMPN 1 Trucuk. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdalatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (416kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (328kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Percaya diri adalah keyakinan untuk melakukan sesuatu untuk diri sendiri sebagai ciri pribadi yang di dalamnya terdapat keyakinan terhadap kemampuan diri, optimisme, objektivitas, tanggung jawab, rasionalitas, dan realistis. Percaya diri mempunyai beberapa ciri yaitu percaya diri terhadap kemampuan diri, berani menghadapi tantangan , berpikir positif, bertanggung jawab, dan obyektif. Tujuan dari penelitian adalah untuk meningkatkan percaya diri siswa dengan menerapkan teknik sosiodrama. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan Pre-Experimental Design dengan bentuk desain One-Group Pretest-Posttest Design. Adapun sampel penelitian ini berjumlah 8 siswa dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok dan diberikan treatment selama 7 pertemuan. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dengan jumlah populasi 64 Penentuan sampel menggunakan Purposive Sampling Desighs dengan 8 sampel. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket rasa percaya diri dan observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 siswa kelas VII yang teridentifikasi memiliki skor rasa percaya diri yang rendah. Data penelitian dianalisis menggunakan Uji normalitas Kolmorgov-Smurnow dan uji reliabilitas, uji paired sample T- test dengan bantuan SPSS 2.6. Hasil penelitian menunjukkan p=0,000 dengan taraf kesalahan a-5% atau 0,05 maka pa yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa teknik sosiodrama dengan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan percaya diri siswa SMPN 1 Trucuk.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Percaya Diri, Teknik Sosiodrama, Bimbingan Kelompok.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Lindayati Lindayati
Date Deposited: 18 Sep 2023 06:19
Last Modified: 18 Sep 2023 06:19
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Novitasari, Zeti
NIDN0711118702
Thesis advisor
Tawakkal, M. Iqbal
NIDN0707038802
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4286

Actions (login required)

View Item
View Item