EFEKTIFITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN SELF CONTROL SISWA DI SMP NEGERI MODEL TERPADU BOJONEGORO

Purwanti, Yenni Ika (2023) EFEKTIFITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN SELF CONTROL SISWA DI SMP NEGERI MODEL TERPADU BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (448kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (531kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (725kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (771kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (403kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (405kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Self control rendah merupakan suatu keadaan siswa yang belum bisa mengendalikan dirinya sesuai keadaan dalam berbagai hal, utamanya kegiatan belajar di sekolah, yakni mengoperasionalkan smartphone, sehingga akan menghambat pencapaian belajar baik akademik maupun non akademik. Diperlukan tingkat self control yang tinggi untuk mengoptimalkan pencapaian belajar. Model layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing dapat efektif meningkatkan self control. Tujuan penelitian ini adalah bisa meningkatkan self control siswa dan bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari untuk berubah menjadi perilaku baik. Penelitin ini menggunakan metode preeksperimen designs dengan uji efektifitas designs one-group pretest-posttest. Uji ahli instrumen dilakukan oleh 2 pakar keilmuan bimbingan konseling. Disebarkan pada siswa kelas VII SMPN MT Bojonegoro dengan jumlah sampel 29 responden. Pengumpulan data menggunakan instrumen self control, teknik purposif sampling untuk memilih satu kelompok (9 siswa) dari 29 siswa sebagai pemberian treatmen bimbingan kelompok teknik role playing. Analisis dalam penelitian ini menggunakan statistik parametik dengan melalui uji paired sample two test. Hasil dari nilai rata-rata pre-tes adalah 43% dengan kategori rendah dan hasil pre-tes mendapat 78%. Niali tersebut menunjukkan bahwa ada peningkatan self control dalam pemberian treatment. Untuk uji normalitas mendapat nilai sig 0,065 yang artinya data penelitian ini berdistribusi normal karena > 0,05. Hasil uji homogenitas mendapatkan nilai 0,332 yamg artinya berdistribusi homogen karena nilai sig Based on Mean > 0,05. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakna uji paired sample t-test yang mendapat nilai sig 0,032 yang artinya ada peningkatan pada teknik role playing dalam bimbingan kelompok terhadap self control. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi peneliti selanjutnya mengembangkan media bimbingan terkait self control, membuat media yang lebih menarik dan kreatif lagi agar konseli bisa menggingat dan bisa menambah wawasan konseli. Selanjutnya bagi guru bimbingaan dan konseling profesional dapat menggunakan model layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk meningkatkan self control konselin

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Role Playing, Self Control
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Yenni Ika Purwanti
Date Deposited: 18 Sep 2023 02:43
Last Modified: 18 Sep 2023 02:43
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Ayu Distira, Rizky Putra
NIDN0702019301
Thesis advisor
Setyoningsih, Yunita Dwi
NIDN0710068404
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4252

Actions (login required)

View Item
View Item