PENGEMBANGAN PANDUAN PELATIHAN KONSELING KELOMPOK BEHAVIOR UNTUK MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SMP/MTs

NURDAYANTI, EKA (2023) PENGEMBANGAN PANDUAN PELATIHAN KONSELING KELOMPOK BEHAVIOR UNTUK MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SMP/MTs. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (341kB)
[thumbnail of HALAMAN AWAL.pdf] Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (642kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (993kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (403kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB) | Request a copy

Abstract

Prokrastinasi akademik merupakan suatu bentuk perilaku yang dilakukan dengan sengaja dan berulang-ulang untukmenghindari atau menunda-nunda mengerjakan tugas sampai saat-saat terakhir, layanan bimbingan konseling kelompok adalah layanan bimbingan yang diberikan dalam suasana kelompok. Dalam buku panduan ini intervensi yang dilakukan oleh konselor dengan menggunakan teknik self intruction dIdalamnya. Self intruction merupakan salah satu teknik konseling yang dapat digunakan untuk meningkatkan disiplin diri dan teknik ini memfokuskan pada kata diri positif yang dapat mengontrol perilaku. Dari hasil analisis kuisioner yang di bagikan pada tiga sekolah di kabupaten Tuban dan Bojonegoro diketahui bahwa tingkat perilaku prokrastinasi siswa SMP/MTs terbilang cukup tinggi, di mana sebanyak 4 siswa masuk dalam kategori mempunyai perilaku prokrastinasi akademik sangat tinggi dengan presentase 3,61%, 61 siswa masuk dalam kategori sedang dengan presentase 54,95%, dan 46 siswa masuk dalam kategori rendah dengan presentase 41,44%. Hasil dari buku panduan ini telah melewati tahap tiga uji ahli yaitu uji ahli bimbingan dan konseling, ahli media, dan ahli calon pengguna, hasil penilaian dari ketiga uji ahli tersebut berguna untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa. Simpulan yang didapatkan dari ketiga uji ahli adalah buku panduan tersebutlayak, tepat, dan dapat digunakan sebagai panduan untuk konselor SMP/MTs.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Prokrastinasi Akademik, Bimbingan Konseling Kelompok, Self Intruction
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Eka Nurdayanti
Date Deposited: 18 Sep 2023 04:22
Last Modified: 18 Sep 2023 04:22
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Cahyaningrum, Vesti Dwi
NIDN0715049402
Thesis advisor
Afriliyanto, Agus
NIDN0716048904
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4241

Actions (login required)

View Item
View Item