QIBTIA, MARIA AL (2023) KEEFEKTIFAN TEKNIK MODELING DENGAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN KARIR SISWA SMPN 1 MALO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (38kB)
AWALAN.pdf
Download (912kB)
BAB I.pdf
Download (426kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (508kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (807kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (829kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (397kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (507kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Kesadaran karir adalah dimana individu mulai siap dengan masa depannya. Mempelajari banyak hal dan membuat rencana serta keputusan yang menurutnya tepat untuk kehidupannya di masa depan, tentang karir atau jalam yang akan ia ambil, atau minat dan kesukaan yang akan ia tekuni dan kembangkan, maka siswa tingkay SMP perlu memiliki kesadaran karir. Sedangkan kenyataan di Indonesia masih banyak siswa tingkat SMP yang belum memiliki kesadaran karir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan teknik modeling dengan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kesadaran karir siswa. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kuantitatif pre-eksperimen. Dengan desain one-group pretest-posttest design yaitu eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding. Dalam menentukan sampel menggunakan rumus slovin dan pengambilan sampel dengan berdasarkan purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu bertujuan agar data yang diperoleh nentinya memenuhi tujuan sebenarnya. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan siswa kelas 7 di SPMN 1 Malo memiliki tingkat kesadaran karir dengan kategori tinggi 18%, sedang 63%, dan rendah 19%. Hal ini menuntukkan bahwa masih ada siswa yang memiliki kesadaran karir rendah dan perlu ditingkatkan untuk menunjang karir di masa depan. Hasil posttest dengan uji paired sample T-test menunjukkan adanya perubahan yang signifikan dengan nilai signifikan (2-tailed) kurang dari 0,05 maka Ho diterima sedangkan jika nilai signifikan (2-tailed) lebih dari 0,05 menunjukan bahwa hasil uji Paired sample T test terhadap tingkat kesadaran karir adalah 0.000 menunjukkan hasil tersebut kurang dari 0,05 maka dapat dinyatakan terdapat perbedaan yang signifikan tingkat kesadaran karir setelah dilakukannya bimbingan kelompok dengan teknik modeling, dan artinya Ho diterima. Hasil posttest menunjukkan adanya perubahan yang signifikan pada peningkatan kesadaran karir siswa yang berarti teknik modeling dengan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kesadaran karir siswa kelas 7 SMPN 1 Malo.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teknik Modeling, Bimbingan Kelompok, Kesadaran Karir |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email 3320190187@unugiri.ac.id |
Date Deposited: | 16 Sep 2023 04:04 |
Last Modified: | 16 Sep 2023 04:04 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor NOVITASARI, ZETI NIDN0711118702 Thesis advisor AFRILIYANTO, AGUS NIDN0716048904 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4234 |