KEEFEKTIFAN TEKNIK MODELING DENGAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN KARIR SISWA SMPN 1 MALO

QIBTIA, MARIA AL (2023) KEEFEKTIFAN TEKNIK MODELING DENGAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN KARIR SISWA SMPN 1 MALO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (38kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (912kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (426kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (807kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (829kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (397kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (507kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kesadaran karir adalah dimana individu mulai siap dengan masa depannya. Mempelajari banyak hal dan membuat rencana serta keputusan yang menurutnya tepat untuk kehidupannya di masa depan, tentang karir atau jalam yang akan ia ambil, atau minat dan kesukaan yang akan ia tekuni dan kembangkan, maka siswa tingkay SMP perlu memiliki kesadaran karir. Sedangkan kenyataan di Indonesia masih banyak siswa tingkat SMP yang belum memiliki kesadaran karir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan teknik modeling dengan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kesadaran karir siswa. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kuantitatif pre-eksperimen. Dengan desain one-group pretest-posttest design yaitu eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding. Dalam menentukan sampel menggunakan rumus slovin dan pengambilan sampel dengan berdasarkan purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu bertujuan agar data yang diperoleh nentinya memenuhi tujuan sebenarnya. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan siswa kelas 7 di SPMN 1 Malo memiliki tingkat kesadaran karir dengan kategori tinggi 18%, sedang 63%, dan rendah 19%. Hal ini menuntukkan bahwa masih ada siswa yang memiliki kesadaran karir rendah dan perlu ditingkatkan untuk menunjang karir di masa depan. Hasil posttest dengan uji paired sample T-test menunjukkan adanya perubahan yang signifikan dengan nilai signifikan (2-tailed) kurang dari 0,05 maka Ho diterima sedangkan jika nilai signifikan (2-tailed) lebih dari 0,05 menunjukan bahwa hasil uji Paired sample T test terhadap tingkat kesadaran karir adalah 0.000 menunjukkan hasil tersebut kurang dari 0,05 maka dapat dinyatakan terdapat perbedaan yang signifikan tingkat kesadaran karir setelah dilakukannya bimbingan kelompok dengan teknik modeling, dan artinya Ho diterima. Hasil posttest menunjukkan adanya perubahan yang signifikan pada peningkatan kesadaran karir siswa yang berarti teknik modeling dengan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kesadaran karir siswa kelas 7 SMPN 1 Malo.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Teknik Modeling, Bimbingan Kelompok, Kesadaran Karir
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Unnamed user with email 3320190187@unugiri.ac.id
Date Deposited: 16 Sep 2023 04:04
Last Modified: 16 Sep 2023 04:04
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
NOVITASARI, ZETI
NIDN0711118702
Thesis advisor
AFRILIYANTO, AGUS
NIDN0716048904
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4234

Actions (login required)

View Item
View Item