Safitri, Eli (2023) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA PERMAINAN TRADISIONAL PADA MATERI PELUANG TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER .pdf
Download (180kB)
AWALAN@.pdf
Download (1MB)
BAB 1.pdf
Download (838kB)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (996kB) | Request a copy
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (856kB) | Request a copy
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB 5.pdf
Download (724kB)
DAFTAR PUSTAKA@.pdf
Download (788kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Matematika merupakan salah satu ilmu yang peranannya sangat penting dalam kehidupan baik disadari maupun tidak, matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, sehingga mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin ilmu dan pengembangan pola pikir manusia. Tetapi masih banyak guru menjelaskan materi pelajaran melalui metode konvensional, Jadi siswa cenderung pasif dan hanya beberapa siswa saja yang memang memiliki kemampuan di atas rata-rata temannya yang tergolong aktif menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru. Dengan ini dapat diketahui bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah dikarenakan siswa kurang bisa menangkap materi yang telah dijelaskan oleh guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya melalui pembelajaran berbasis etnomatematika permainan tradisional pada peluang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan pemilihan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui dokumentasi dan teknik tes. Analisisdata dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yang meliputi uji normalitas, dan uji hipotesis ( uji-t one sample test) dengan menggunakan program aplikasi statistik SPSS versi 24 dengan Perhitungan uji-t one sample test diperoleh nilai signifikasi dengan rata-rata hasil belajar mencapai 70. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis etnomatematika sangat baik untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Plus Al-Amanah
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etnomatematika, materi peluang, permainan tradisional |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Eli Safitri |
Date Deposited: | 16 Sep 2023 08:15 |
Last Modified: | 16 Sep 2023 08:19 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Fitri, Anisa NIDN0719049202 Thesis advisor Cindarbumi, Festian NIDN0709068903 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4172 |