PENGEMBANGAN PANDUAN PELATIHAN PERMAINAN KARTU TRUTH OR DARE UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA SMP NEGERI 2 SOKO

JUMADI, AGUS IDWAR (2023) PENGEMBANGAN PANDUAN PELATIHAN PERMAINAN KARTU TRUTH OR DARE UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA SMP NEGERI 2 SOKO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (29kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (926kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (687kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA .pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (684kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Percaya diri adalah sikap yakin atas kemampuan diri sendiri . Terdapat lima aspek dalam kepercayaan diri yaitu keyakinan kemampuan diri, objektif, optimis, bertanggung jawab dan rasional. Layanan bimbingan konnseling merupakan salah satu upaya yang dapat digunakan untuk melatih kepercayaaan diri seseorang. Dalam penelitian ini peneliti mengembangkan sebuah buku panduan pelatihan dengan media permainan kartu Truth or Dare untuk meningkatkan percaya diri. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development dengan penyajian data kuatitatif dan kualitataif. Dari hasil instrumen yang telah dibagikan pada tiga sekolah berbeda di beberapa kecamatan yang ada di kabupaten Tuban dan Bojonegoro, terdapat 7 siswa yang memiliki rasa percaya diri tinggi dengan presentase 7,37%. 38 siswa memiliki rasa percaya diri sedang dengan presentase 40%. 46 siswa memiliki rasa percaya diri rendah dengan presentase 48,42%. 4 siswa memiliki rasa percaya diri sangat rendah dengan presentase 4,21%. Hasil dari buku panduan ini telah melalui tahap uji coba ahli yang terdiri dari tiga ahli yaitu ahli Bimbingan Konseling, ahli Media dan calon pengguna produk. Dari hasil penilaian ketiga ahli tersebut menyatakan bahwa buku panduan pelatihan permainan kartu Truth or Dare untuk meningkatkan percaya diri siswa SMP/MTs berguna untuk meningkatkan percaya diri. Kesimpulan yang didapatkan dari ketiga ahli Bimbingan Konseling, ahli Media dan calon pengguna produk adalah sangat berguna, sangat layak, sangat tepat dan dapat digunakan sebagai panduan bagi konselor SMP/MTs.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Permainan Kartu Truth or Dare, Percaya Diri, Siswa.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Agus Idwar Jumadi
Date Deposited: 16 Sep 2023 01:59
Last Modified: 16 Sep 2023 01:59
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Cahyaningrum, Vesti Dwi
NIDN0715049401
Thesis advisor
Tawakkal, M.Iqbal
NIDN0707038802
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4170

Actions (login required)

View Item
View Item