PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MURAJA’AH TERHADAP PENGUATAN MATERI SISWA PADA MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADITS MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) DARUL ULUM PURWOASRI SUKOSEWU BOJONEGORO

ROSYIDAH, MAZIDATUR (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MURAJA’AH TERHADAP PENGUATAN MATERI SISWA PADA MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADITS MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) DARUL ULUM PURWOASRI SUKOSEWU BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (411kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf

Download (505kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf

Download (275kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf

Download (686kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (976kB) | Request a copy

Abstract

Model pembelajaran muraja’ah adalah suatu desain atau rancangan yang menggambarkan proses rincian dan penciptaan situasi lingkungan yang memungkinkan anak berinteraksi dalam pembelajaran, sehingga terjadi perubahan atau perkembangan pada diri anak dengan model mengulang-ulang hafalan dan harus dipahami sebagai satu paket yang tidak terpisahkan dari kegiatan
menghafal. Penguatan materi Mata Pelajaran al Qur’an Hadits yang dimaksud adalah cara untuk memperkuat materi pelajaran al-Qur’an dan Hadits sehingga siswa lebih mudah dalam memahami materi tersebut. Penelitian ini bertujuan: untuk mendeskripsikan: 1) pembelajaran Mata
Pelajaran al Qur’an Hadits di MI Darul Ulum Purwoasri Sukosewu Bojonegoro 2) pengaruh model pembelajaran muraja’ah terhadap penguatan materi siswa pada Mata Pelajaran al Qur’an Hadits MI Darul Ulum Purwoasri Sukosewu Bojonegoro. Skripsi ini termasuk penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini siswa kelas IV MI Darul Ulum Purwoasri. Sedang teknik analisis data menggunakan teknik statistik, yaitu korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Pembelajaran Mata Pelajaran al
Qur’an Hadits di MI Darul Ulum Purwoasri Sukosewu Bojonegoro sudah cukup baik ini terlihat dari 19 responden terdapat 9 anak yang mempunyai kriteria cukup aktif dalam mengikuti pelaksanaan model pembelajaran muraja’ah dengan persentase 47,37% dan terdapat 7 anak yang mempunyai kriteria cukup baik
penguatan materi siswa pada Mata Pelajaran al Qur’an Hadits dengan persentase 36,84%. 2) Ada pengaruh yang signifikan antara penerapan model pembelajaran
muraja’ah terhadap penguatan materi siswa pada Mata Pelajaran al Qur’an Hadits MI Darul Ulum Purwoasri Sukosewu Bojonegoro. Dari persamaan regresi linier diperoleh Y = 20,181 + 1,897X, dengan uji keberartian regresi menunjukkan F* > Ft dan uji lineritas menunjukkan F* < Ft berarti regresi linier. Kemudian dengan pengujian koefisien korelasi dari r = 0,587 diperoleh t = 2,99 yang menyatakan adanya hubungan positif antara kedua variabel. Dan dengan taraf nyata 0,05 diperoleh t (0,05) (17) < t hitung.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Muraja’ah, Penguatan Materi, Mata Pelajaran al Qur’an Hadits
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 19 Jan 2022 07:21
Last Modified: 19 Jan 2022 07:21
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
SA’DIYAH, ZUMROTUS
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/417

Actions (login required)

View Item
View Item