PENGEMBANGAN PANDUAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MUTUAL STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA

AULIA, MEGA PUTRI (2023) PENGEMBANGAN PANDUAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MUTUAL STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (759kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (280kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB) | Request a copy

Abstract

Kecerdasan emosional adalah kemampuan merasakan, memahami secara selektif menerapkan daya dan kepekaan emosi sebagai sumber tenaga dan pengaruh manusia.. Layanan Bimbingan kelompok adalah suatu cara pemberian bantuan atau bimbingan kepada individu atau siswa melalui kegiatan kelompok. Dalam buku panduan ini intervensi yang dilakukan oleh konselor dengan menggunakan teknik mutual storytelling di dalamnya. Teknik mutual storytelling adalah suatu strategi bercerita atau berdongeng sehingga dapat membuat siswa menjadi lebih aktif dan ekspresif dalam menyampaikan permasalahan yang dihadapi. Mutual storytelling merupakan hal penting yang dapat membantu siswa untuk meningkatkan kecerdasan emosional. Dari hasil analisis kuisioner yang dibagikan pada tiga sekolah dibeberapa kecamatan di kabupaten Bojonegoro terdapat 20 siswa yang memiliki tingkat kecerdasan emosional sangat rendah dengan tingkat prosentase 26,6%. 36 Siswa yang memiliki tingkat kecerdasan emosional rendah dengan prosentase 47,9%. 13 siswa yang memiliki tingkat kecerdasan emosional tinggi dengan prosentase 14,7%. 11 siswa yang memiliki tingkat kecerdasan emosional sangat tinggi dengan prosentasi 10,8%. Hasil dari buku panduan ini telah melewati tahap tiga uji ahli yaitu uji ahli bimbingan dan konseling, uji ahli mendia, dan uji ahli calon pengguna. Berdasarkan hasil penilaian dari ketiga uji ahli tesebut bahwa Panduan Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik mutual storytelling untuk Meningkatkan kecerdasan emosional Siswa tersebut sangat berguna, sangat layak, sangat tepat, dan sangat menarik untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa. Dan dapat digunakan sebagai panduan untuk konselor SMA.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Mutual Storytelling, Kecerdasan Emosional
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: MEGA PUTRI AULIA
Date Deposited: 15 Sep 2023 09:12
Last Modified: 15 Sep 2023 09:12
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
CAHYANINGRUM, VESTI DWI
NIDN0715049401
Thesis advisor
EFENDI, MOH. YUSUF
NIDN0706018902
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4155

Actions (login required)

View Item
View Item