Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Self Instrution Technique untuk Meningkatkan Self Control pada Siswa Penggemar K-Pop di SMAN 1 Rengel

AFIFAH, ISNA NUR (2023) Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Self Instrution Technique untuk Meningkatkan Self Control pada Siswa Penggemar K-Pop di SMAN 1 Rengel. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (529kB)
[thumbnail of BAB_II.pdf] Text
BAB_II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB_III.pdf] Text
BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (373kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (591kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Self control merupakan sebuah kemampuan untuk mengendalikan perilaku atau tingkah laku individu dalam kehidupan sehari-hari. Self control merupakan sebuah kemampuan untuk mengendalikan perilaku atau tingkah laku individu dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan konsep Averill (Ghufron dan risnawati 2020 : 29-31) terdapat tiga aspek self control yaitu kontrol perilaku (behavior control), kontrol kognitif (cognitive control), dan kontrol keputusan (decisional control). Penelitian ini dilatar belakangi dengan pemasalahan rendahnya self control siswa penggemar K-pop di SMAN 1 Rengel yang ditandai dengan siswa yang mengemari K-pop memiliki pengendalian emosi yang buruk seperti mudah marah saat idola yang disukai diejek oeh siwa yang tidak menyukai K-pop. Hal ini sesuai berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang didapatkan Bersama guru BK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Bimbingan Kelompok Self Instruction Technque untuk Meningkatkan Self Control pada Siswa Penggemar K-Pop di SMAN 1 Rengel. Metode penelitian yag digunakan adalah pre eksperiment dengan desain one grup pre-test dan pos-test. Partisipan daam penelitian ini adalah kelas XI Mipa 2 dan XI Ips dengan jumlah 65 siswa. Pengmpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket self control dan observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 siswa yang diambil dari kelas XI Mipa 2 dan XI Ips 1 yang teridentifkasi memiliki self control yang rendah. Data penelitian dianalisis menggunakan Uji normalitas Kolmorgov-Smurnow dan uji reliabilitas menggunakan nilai alpha cranbach, uji paired sample T-test dengan bantuan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan ρ = 0,000 dengan taraf kesalahan α = 5% atau 0,05 maka pa yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan self instruction technique dapat meningkatkan self control siswa penggemar K-pop di SMAN 1 Rengel.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: self instruction technique, bimbingan kelompok, self control
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Isna Nur Afifah
Date Deposited: 15 Sep 2023 09:21
Last Modified: 15 Sep 2023 09:21
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Novitasari, Zeti
NIDN0711118702
Thesis advisor
Tawakkal, M. Iqbal
NIDN0707038802
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4150

Actions (login required)

View Item
View Item