AFIFAH, ISNA NUR (2023) Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Self Instrution Technique untuk Meningkatkan Self Control pada Siswa Penggemar K-Pop di SMAN 1 Rengel. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (173kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (529kB)
BAB_II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (485kB) | Request a copy
BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (353kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (373kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (591kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Self control merupakan sebuah kemampuan untuk mengendalikan perilaku atau tingkah laku individu dalam kehidupan sehari-hari. Self control merupakan sebuah kemampuan untuk mengendalikan perilaku atau tingkah laku individu dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan konsep Averill (Ghufron dan risnawati 2020 : 29-31) terdapat tiga aspek self control yaitu kontrol perilaku (behavior control), kontrol kognitif (cognitive control), dan kontrol keputusan (decisional control). Penelitian ini dilatar belakangi dengan pemasalahan rendahnya self control siswa penggemar K-pop di SMAN 1 Rengel yang ditandai dengan siswa yang mengemari K-pop memiliki pengendalian emosi yang buruk seperti mudah marah saat idola yang disukai diejek oeh siwa yang tidak menyukai K-pop. Hal ini sesuai berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang didapatkan Bersama guru BK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Bimbingan Kelompok Self Instruction Technque untuk Meningkatkan Self Control pada Siswa Penggemar K-Pop di SMAN 1 Rengel. Metode penelitian yag digunakan adalah pre eksperiment dengan desain one grup pre-test dan pos-test. Partisipan daam penelitian ini adalah kelas XI Mipa 2 dan XI Ips dengan jumlah 65 siswa. Pengmpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket self control dan observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 siswa yang diambil dari kelas XI Mipa 2 dan XI Ips 1 yang teridentifkasi memiliki self control yang rendah. Data penelitian dianalisis menggunakan Uji normalitas Kolmorgov-Smurnow dan uji reliabilitas menggunakan nilai alpha cranbach, uji paired sample T-test dengan bantuan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan ρ = 0,000 dengan taraf kesalahan α = 5% atau 0,05 maka pa yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan self instruction technique dapat meningkatkan self control siswa penggemar K-pop di SMAN 1 Rengel.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | self instruction technique, bimbingan kelompok, self control |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | Isna Nur Afifah |
Date Deposited: | 15 Sep 2023 09:21 |
Last Modified: | 15 Sep 2023 09:21 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Novitasari, Zeti NIDN0711118702 Thesis advisor Tawakkal, M. Iqbal NIDN0707038802 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4150 |