AVITA, ARIANA NOR (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (339kB)
AWALAN.pdf
Download (898kB)
BAB 1.pdf
Download (688kB)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (660kB) | Request a copy
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (531kB) | Request a copy
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
BAB 5.pdf
Download (313kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (483kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Kurangnya kemampuan siswa dalam pembelajaran matematika, khususnya kemampuan dalam memahami konsep menjadikan kurang optimalnya siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Dimana kemampuan pemahaman konsep adalah kemampuan awal atau kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa. Meninjau dari permasalahan tersebut, maka perlu adanya upaya pembaharuan strategi atau model pembelajaran yang tepat dan menyenangkan. Model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) merupakan salah satu model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa, karena berkaitan dengan kehidupan nyata. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematika sebelum dan sesudah diterapkan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) pada materi peluang pada kelas VIII MTs Swasta Al-Irsyad Ngujung Temayang Bojonegoro yang terdiri dari 19 siswa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kuantitatif. Dalam penelitian ini hanya menggunakan satu kelas yaitu kelas eksperimen, yang mana pemilihan subjek didasari pada perolehan skor nilai tes kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada kategori rendah, kurang, sedang dan tinggi yang selanjutnya dipilih 1 subjek dari masing-masing kategori. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah uji normalitas, uji hipotesis dan uji N-Gain (Normalized Gain) menggunakan bantuan software IBM SPSS Statistic versi 25. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan teknik tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) kemampuan siswa dalam memahami konsep matematika semakin meningkat, nilai rata-rata siswa yang awalnya sebelum diterapkan pembelajaran (pre-test) sebesar 43,16 meningkat menjadi 63,68 setelah diterapkannya pembelajaran Realistic Mathematics Education (post-test).
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman Konsep, Matematika, RME, Peluang |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 519 Probabilitas dan matematika terapan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ariana Nor Avita |
Date Deposited: | 16 Sep 2023 02:46 |
Last Modified: | 16 Sep 2023 02:46 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Fitri, Anisa NIDN0719049202 Thesis advisor Kurniawati, Naning NIDN0718098503 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4142 |