PENERAPAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA

AVITA, ARIANA NOR (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (339kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (898kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (688kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (313kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (483kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kurangnya kemampuan siswa dalam pembelajaran matematika, khususnya kemampuan dalam memahami konsep menjadikan kurang optimalnya siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Dimana kemampuan pemahaman konsep adalah kemampuan awal atau kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa. Meninjau dari permasalahan tersebut, maka perlu adanya upaya pembaharuan strategi atau model pembelajaran yang tepat dan menyenangkan. Model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) merupakan salah satu model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa, karena berkaitan dengan kehidupan nyata. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematika sebelum dan sesudah diterapkan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) pada materi peluang pada kelas VIII MTs Swasta Al-Irsyad Ngujung Temayang Bojonegoro yang terdiri dari 19 siswa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kuantitatif. Dalam penelitian ini hanya menggunakan satu kelas yaitu kelas eksperimen, yang mana pemilihan subjek didasari pada perolehan skor nilai tes kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada kategori rendah, kurang, sedang dan tinggi yang selanjutnya dipilih 1 subjek dari masing-masing kategori. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah uji normalitas, uji hipotesis dan uji N-Gain (Normalized Gain) menggunakan bantuan software IBM SPSS Statistic versi 25. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan teknik tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) kemampuan siswa dalam memahami konsep matematika semakin meningkat, nilai rata-rata siswa yang awalnya sebelum diterapkan pembelajaran (pre-test) sebesar 43,16 meningkat menjadi 63,68 setelah diterapkannya pembelajaran Realistic Mathematics Education (post-test).

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, Matematika, RME, Peluang
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 519 Probabilitas dan matematika terapan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ariana Nor Avita
Date Deposited: 16 Sep 2023 02:46
Last Modified: 16 Sep 2023 02:46
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Fitri, Anisa
NIDN0719049202
Thesis advisor
Kurniawati, Naning
NIDN0718098503
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4142

Actions (login required)

View Item
View Item