HANA, SITI NUR (2023) PENERAPAN MUTUAL STORYTELLING TECHNIQUE DENGAN KONSELING INDIVIDU BERBASIS COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY UNTUK MEREDUKSI PERILAKU BULLYING SISWA DI MBS PP. DARUTH THALIBIN BANGILAN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (68kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (1MB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (1MB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (1MB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Perilaku bullying adalah hal yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok orang menggunakan perkataan atau perbuatan secara intens dan berulang pada seseorang atau sekelompok orang lainnya, sehingga menimbulkan tekanan. Perilaku bullying di lingkungan sekolah dapat menciptakan suasana lingkungan yang kurang mendukung terhadap perkembangan dan kenyamanan siswa, baik dalam bidang akademik maupun bidang sosial. Perilaku bullying dapat membawa efek terhadap berbagai kegiatan siswa di sekolah. Berdasarkan hal tersebut tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh Mutual Storytelling Technique dengan Konseling Individu berbasis Cognitive Behavior Therapy untuk Mereduksi Perilaku Bullying Siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa di MBS PP. Daruth Thalibin Bangilan Tuban dengan jumlah populasi 75, penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan hasil 63 sampel. Metode penelitian menggunakan Pre-eksperimen desain one group pretest-posttest. Pengumpulan data menggunakan skala bullying, observasi dan, wawancara. Data dianalisis menggunakan uji normalitas Shapiro Wilk dan uji reliabilitas menggunakan nilai alpha cronbach, uji paired sample T-test dengan bantuan SPSS 2.6. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan hasil posttest, dengan rata-rata pretest 75% dan hasil rata-rata posttest 61%, perbandingan antara hasil persentase siswa sebelum dan sesudah mendapatkan treatment sebanyak rata-rata 14%. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ditemukan perbedaan signifikan dengan adanya penerapan Mutual Storytelling Technique dengan Konseling Individu berbasis Cognitive Behavior Therapy untuk Mereduksi Perilaku Bullying Siswa di MBS PP. Daruth Thalibin Bangilan Tuban.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mutual Storytelling Technique, Konseling Individu, Cognitive Behavior Therapy, Bullying |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | Siti Nur Hana |
Date Deposited: | 15 Sep 2023 07:49 |
Last Modified: | 15 Sep 2023 07:49 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor NOVITASARI, ZETI NIDN0711118702 Thesis advisor DISTIRA, RISKI PUTRA AYU NIDN0702019301 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4134 |