NURWAHIDAH, ELY (2020) PENGARUH MEDIA KARTU TANYA JAWAB TERHADAP DAYA INGAT SISWA MATA PELAJARAN FIKIH MI NURUS SALAM CANCUNG BUBULAN. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (111kB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (497kB)
BAB 1.pdf
Download (531kB)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (370kB) | Request a copy
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (342kB) | Request a copy
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (375kB) | Request a copy
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (99kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (238kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Media adalah alat perantara yang secara fisik digunakan oleh guru untuk menyampaikan dan meyakinkan isi materi pelajaran serta dapat merangsang pikiran, perasaan, dan kemauan siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhi daya ingat yaitu dengan adanya media. Sehingga dengan penerapan media dapat mendorong terjadinya proses belajar pada diri siswa dan dapat meningkatkan daya ingat siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media kartu tanya jawab terhadap daya ingat siswa pada mata pelajaran fikih kelas IV MI Nurus Salam Cancung Bubulan, dengan fokus penelitian : (1) penerapan media kartu tanya jawab, (2) daya ingat, dan (3) pengaruh media kartu tanya jawab terhadap daya ingat siswa pada mata pelajaran fikih. Penelitian ini pada siswa kelas IV MI Nurus Salam Cancung Bubulan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data
product moment meliputi reduksi data dengan teknik angket dan tes,penyajian data kemudian pengujian hipotesis. Responden penelitian yaitu siswa kelas IV MI Nurus Salam Cancung Bubulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan media kartu tanya jawab pada mata pelajaran fikih pada siswa kelas IV MI Nurus salam Cancung Bubulan adalah baik, karena hasil dari rata-rata total skor angket sebesar 31,388. Artinya, dalam proses belajar mengajar mata pelajaran fikih siswa antusias dan dapat menerima proses pembelajaran dengan menerapkan media kartu tanya jawab. (2) Daya ingat siswa kelas IV MI Nurus Salam Cancung Bubulan pada mata pelajaran fikih adalah tinggi, karena rata rata hasil nilai tes sebesar 90,833 dan (3) Terdapat pengaruh akibat penerapan kartu tanya jawab terhadap daya ingat siswa pada mata pelajaran fikih kelas IV MI Nurus Salam Cancung Bubulan.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media, daya ingat |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 19 Jan 2022 04:00 |
Last Modified: | 19 Jan 2022 04:00 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor HABIBULLAH, MUHAMMAD ROMADHON UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/411 |