ANALISA PENGARUH VARIASI SUDUT PENGAPIAN 9̊, 11̊, 12̊ TERHADAP PERFORMA MOTOR HONDA TIPE GL 200

SAPUTRO, ARYA AGUS (2023) ANALISA PENGARUH VARIASI SUDUT PENGAPIAN 9̊, 11̊, 12̊ TERHADAP PERFORMA MOTOR HONDA TIPE GL 200. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (296kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (696kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (329kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (677kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (313kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (367kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Untuk menindaklanjuti performa motor yang kurang optimal maka dilakukan modifikasi sudut pengapian. Cara yang paling mudah dan efektif adalah megubah pick-up sensor. yaitu memajukan serta memundurkan tonjolan pada derajat pengapian (magnet), Pada kemajuan IPTEK pada saat ini motor tipe GL 200 masih di gandrungi oleh beberapa pemuda. Oleh karena itulah perlu dilakukan penelitian perihal perubahan performa kendaraan derajat pengapian standar dan perubahan derajat pengapian yang telah di rubah pada sepeda motor, yang kemudian diperoleh perbedaan daya, torsi. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang bertujuan menguji hipotesa dari data-data yang telah dikumpulkan sesuai dengan teori dan konsep sebelumnya. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen. yang mana eksperimen ini menggunakan motor Honda GL 200, penelitian ini menggunakan Dyno Test untuk mengetahui akselerasi pada kendaraan peelitian menunjukkan bahwa penggunaan variasi sudut pengapian memberikan peningkatan daya, dan torsi mesin yang optimal. dan hasil dari merubah variasi sudut pengapian 9̊, 11̊, dan 12̊ yakni pada sudut 11̊ lah yang efektif jika di pakai karena pada sudut 11̊ daya naik sebesar 21% dan torsi naik sebesar 12,5%. dan AVR tidak banyak berubah karena tidak merubah pengaturan karburator apapun setelah dilaksanakan dyno test untuk mengetauhi hasil performa dari variasi sudut pengapian 9̊, 11̊, dan 12̊, sudut 11 lah yang di rekomendasikan untuk di gunakan.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Dyno test, Variasi sudut pengapian, Honda GL 200, Performa, Bahan bakar.
Subjects: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Mesin
Depositing User: Arya Agus Saputro
Date Deposited: 16 Sep 2023 02:25
Last Modified: 16 Sep 2023 02:25
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Faila, Rizka Nur
NIDN0723019301
Thesis advisor
Ardianti, Aprilia Dwi
NIDN0726048902
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4083

Actions (login required)

View Item
View Item