PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VCT (VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE) BERBASIS KEARIFAN LOKAL BOJONEGORO TERHADAP LITERASI MEMBACA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH

ELMUNA, FITRIA NELY (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VCT (VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE) BERBASIS KEARIFAN LOKAL BOJONEGORO TERHADAP LITERASI MEMBACA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (18kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (379kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (366kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu tujuan sekolah adalah menanamkan nilai moral atau nilai-nilai positif pada diri siswa. Salah satunya melalui pembelajaran yang didalamnya mengandung nilai yang dapat diambil untuk ditanamkan pada diri peserta didik, seperti pembelajaran yang mengandung teks untuk dipahami nilai yang terkandung didalamnya, namun terdapat siswa yang memiliki literasi membaca yang cukup rendah. Berdasarkan paparan tersebut maka penelitian ini mengarah kepada hubungan literasi membaca siswa dan penggunaan model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) berbasis kearifan lokal Bojonegoro sehingga dapat meningkatkan literasi membaca siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) terhadap literasi budaya, untuk mengetahui implementasi model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan jenis Non-equivalent Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis komparasi dengan Independent sample t-test. Sampel penelitian adalah 20 siswa kelas 4A sebagai kelompok eksperimen dan 17 siswa kelas 4B di MI Nurul Huda Kecamatan Temayang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model VCT (Value Clarification Technique) lebih meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa, dapat dilihat melalui hasil angket dan soal tes, kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 77 dengan nilai tertinggi 90 sementara kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata lebih tinggi yaitu 85,5 dengan nilai tertinggi 100 sedangkan pada hasil angket menunjukkan nilai tertinggi kelas kontrol 82 dengan rata-rata 77, sedangkan pada kelas eksperimen nilai tertinggi angket adalah 97 dengan rata-rata 90.
Hasil pengujian hipotesis penelitian terdapat pengaruh dan signifikan model pembelajaran VCT terhadap literasi membaca. Hal ini dibuktikan dengan nilai pada uji t yang menunjukkan signifikan 0,05 yaitu (0,036<0,05)..

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Literasi Membaca, Model Pembelajaran, VCT.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fitria Nely Elmuna
Date Deposited: 14 Sep 2023 06:26
Last Modified: 14 Sep 2023 06:26
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
SUTTRISNO, SUTTRISNO
NIDN0717069401
Thesis advisor
FITHRIYAH, DEWI NISWATUL
NIDN0721089502
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3990

Actions (login required)

View Item
View Item