PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL

AZIZAH, WAHYU NUR (2023) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL. Sarjana (S1) thesis, Universitass Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover..pdf] Text
Cover..pdf

Download (458kB)
[thumbnail of Awalan..pdf] Text
Awalan..pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I..pdf] Text
BAB I..pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II..pdf] Text
BAB II..pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III..pdf] Text
BAB III..pdf
Restricted to Registered users only

Download (936kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV..pdf] Text
BAB IV..pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V..pdf] Text
BAB V..pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka..pdf] Text
Daftar Pustaka..pdf

Download (668kB)
[thumbnail of Lampiran..pdf] Text
Lampiran..pdf

Download (7MB)

Abstract

Hasil pra penelitian di SMP Plus Al – Fatimah Bojonegoro diketahui bahwa bahan ajar yang digunakan di sekolah masih menggunakan buku paket pendamping penerbit tiga serangkai belum ada sumber referensi lain. Sekolah tersebut belum pernah menggunakan modul dalam pembelajaran matematika lebih fokus kebuku paket pendamping penerbit tiga serangkai. Selain itu Ustadzah mengatakan proses pemecahan masalah matematika pada materi aritmetika sosial masih dalam kriteria kurang cukup karena pada pemahaman materi misalnya mencari untung atau rugi dalam bentuk persen siswa masih mengalami kesulitan. Pihak sekolah juga sudah berencara membuat modul pembelajaran matematika untuk menambah referensi untuk belajar siswa. Karena keterbaasannya waktu pembuatan modul ini belum terlaksana sampai sekarang. Maka dari itu peneliti berniat untuk mengembangkan modul pembelajaran matematika berbasis kontekstual pada materi aritmetika sosial.
Jenis penelitiannya adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang memiliki lima tahapan yaitu: 1) analisis: terdiri dari tiga tahap yaitu analisis kebutuhan, analisis kurikulum, dan analisis materi, 2) desain adalah tahap perencanaan membuat modul mulai dari desain modul sampai pemilihan materi yang digunakan, 3) development: pada tahap ini yang dilakukan adalah validasi modul yang telah dikembangkan terdiri dadi uji validasi media dan uji validasi materi , 4) implementasi: tahap uji coba produk yang terdiri dadi 2 uji coba yaitu uji coba kecil dan uji coba besar yang diberikan kepada peserta didik untuk mengetahui respon peserta didik pada modul pembelajaran matematika yang dikembangkan, dan 5) evaluasi adalah tahap penilaian.
Hasil penelitian pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis kontekstual pada materi aritmetika sosial untuk uji validasi media sebesar 88,2% termasuk dalam kriteria sangat valid, sedangkan hasil penelitian untuk uji validitas materi sebesar 79,2% termasuk dalam kriteria valid. Hasil uji praktikalitas dengan 2 tahap yauti uji kelompok kecil dan kelompok besar menghasilkan sebagai berikut: untuk hasil rata – rata uji coba kecil memenuhi kriteria praktis dengan presentase 80%. Sedangkan hasil rata – rata uji coba besar memenuhi kriteria sangat praktis dengan presentase 83,3%. Dari hasil tersebut modul tersebut masuk dalam kategori sangat paktis digunakan.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Aritmetika Sosial, Modul Pembelajaran Matematika, Kontekstual
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Wahyu Nur Azizah
Date Deposited: 12 Sep 2023 09:10
Last Modified: 12 Sep 2023 09:10
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
KURNIAWATI, NANING
NIDN0718098503
Thesis advisor
FATHONI, M. IVAN ARIFUL
NIDN0705019103
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3874

Actions (login required)

View Item
View Item