FADZILA, IFTA NUR (2023) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN POSTER COMMENT TERHADAP KETRAMPILAN BERBICARA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS III MI FATTAHUL HUDA PUNGPUNGAN. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.
COVER.pdf
Download (410kB)
AWALAN.pdf
Download (959kB)
BAB 1.pdf
Download (528kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (501kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (587kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (589kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (346kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (433kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Pembelajaran Bahasa Indonesia merupakan salah satu pelajaran yang wajib di pendidikan jenjang MI/SD. Maka dari itu dibutuhkan kreatifitas seorang guru dalam memberikan suatu pembelajaran khususnya mata pelajaran bahasa indonesia. Karena di MI Fattahul Huda khususnya kelas III masih menggunakan strategi pembelajaran konfensional, dimana anak-anak cenderung kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Dengan itu membuat siswa jarang bertanya atau mengutarakan pendapatnya tentang materi yang di sampaikan. Maka dari itu siswa masih minim dalam ketrampilan berbicara, dan juga siswa jarang bertanya tentang materi yang disampaikan membuat siswa kurang berpikir kritis dalam pembelajaran. Dengan itu dalam penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan berbicara dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas III MI Fattahul Huda Pungpungan dengan menggunakan stratgei pembelajaran poster comment. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitafi dengan menggunakan Quasi Eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui keaktifan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang diajarkan menggunakan strategi poster comment. Strategi pembelajaran poster comment adalah pembelajaran aktif untuk membuat siswa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran. Dengan pembelajaran poster comment ini siswa bisa mengomentari gambar sesuai dengan materi yang telah di ambil oleh peneliti. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) proses ketrampilan berbicara dan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan stratgei pembelajaran poster comment. (2) Efektifitas menggunakan strategi pembeljaran poster comment dalam materi tolong menolong pelajaran Bahasa Indonesia kelas III. Strategi ini sangat berpengaruh dalam ketrampilan berbicara dan kemampuan berpikir kritis dengan nilai hipotesis <0,05.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | poster Comment, ketrampilan berbicara, kemampuan berpikir kritis |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar > 372.45 Reading Skill Strategies/Strategi Keterampilan Membaca |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ifta Nur Fadzila |
Date Deposited: | 12 Sep 2023 07:20 |
Last Modified: | 12 Sep 2023 07:20 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor SA'DIYAH, ZUMROTUS NIDN2108089102 Thesis advisor FITHRIYAH, DEWI NISWATUL NIDN0721089502 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3828 |