AMELIA, KIKI RIZKI (2023) Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Solving Materi Segitiga. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (94kB)
AWALAN.pdf
Download (886kB)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only
Download (410kB) | Request a copy
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (515kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (473kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (390kB) | Request a copy
Daftar Pustaka.pdf
Download (508kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa masih diperlukannya bahan ajar tambahan untuk menunjang proses pembelajaran dan juga kemampuan pemecahan masalah siswa yang heterogen menjadi salah satu kendala dalam mengajar maka peneliti bermaksud untuk mengembangankan modul pembelajaran dengan tujuan modul dapat digunakan sebagai bahan ajar mandiri siswa serta mempermudah siswa untuk memahami materi dan juga menyeelesaikan masalah. Modul yang dikembangkan menggunakan model problem solving pada materi segitiga. Problem solving merupakan pembelajaran penyelesaian masalah dengan teknik yang sistematis, logis, teratur dan teliti. Subjek uji coba dengan kelompok kecil kemudian dilanjutkan dengan kelompok besar diambil pada siswa kelas VII SMP Plus Al Fatimah Bojonegoro. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Hasil penelitian dan pengembangan diperoleh tahap analysis yaitu analisa kebutuhan guru, analisa kebutuhan siswa, dan analisa bahan literatur. Pada tahap design dilakukan penyusunan kerangka isi modul secara sistematis. Pada tahap development dilakukan pengembangan modul dan penilaian aspek kevalidan modul. Pada tahap implementation dilakukan uji coba kepada peserta didik dan penilaian aspek kelayakan modul. Pada tahap evaluation dilakukan analisis kevalidan dan kelayakan, serta revisi modul. Hasil penelitian berdasarkan penilaian oleh ahli media dan ahli materi. Dari penilaian ahli media mendapatkan presentase 85% dengan kriteria sangat valid dan hasil dari ahli materi diperoleh nilai sebesar 95,83% dengan kriteria sangat valid. Hasil angket respon siswa kelompok kecil mendapatkan nilai presentase 94,64% dengan kriteria sangat layak dan hasil pada penyebaran angket siswa kelompok besar diperoleh presentase sebanyak 89%. Dengan demikian, modul yang telah dikembangkan termasuk kriteria sangat valid dan sangat layak serta dapat digunakan dalam proses pembelajaran matematika kelas VII SMP.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Modul, Problem Solving, Segitiga, Model ADDIE |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email 3420190063@unugiri.ac.id |
Date Deposited: | 12 Sep 2023 02:38 |
Last Modified: | 12 Sep 2023 02:38 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Kurniawati, Naning NIDN0718098503 Thesis advisor Cindarbumi, Feztian NIDN0709068903 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3760 |