HARTUTIK, HARTUTIK (2023) IMPLEMENTASI POJOK BACA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA DINI DI TK PKK TUNAS BANGSA DESA NGREJENG KECAMATAN GRABAGAN KABUPATEN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.
COVER.pdf
Download (49kB)
AWALAN.pdf
Download (769kB)
BAB I.pdf
Download (431kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (545kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (398kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (649kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (343kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (298kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Kemampuan membaca permulaan anak TK PKK Tunas Bangsa Desa Ngrejeng Kecamatan Grabagan Kabupaten Tuban yang kurang baik merupakan suatu masalah yang harus segera dicarikan solusi pemecahannya. Apabila tidak segera diatasi, maka dikhawatirkan anak akan kesulitan dalam belajar pada jenjang pendidikan berikutnya, karena membaca merupakan kunci awal kesuksesan. Menyadari masalah rendahnya minat baca pada anak TK PKK Tunas Bangsa Desa Ngrejeng Kecamatan Grabagan Kabupaten Tuban. Guru telah berusaha berbagai cara untuk mengatasinya, salah satu usaha yang dilakukan adalah membuat pojok baca di sudut kelas. Dengan adanya pojok baca, diharapkan dapat meningkatkan minat baca anak. Masalah pada penelitian ini adalah: Bagaimana implementasi pojok baca dalam meningkatkan minat baca melalui pojok baca di TK PKK Tunas Bangsa Desa Ngrejeng Kecamatan Grabagan Kabupaten Tuban? Apa faktor- faktor penghambat dan pendukung implementasi pojok baca dalam meningkatkan minat baca melalui pojok baca di TK PKK Tunas Bangsa Desa Ngrejeng Kecamatan Grabagan Kabupaten Tuban?
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis isi.
Berdasarkan hasil penelitian Minat baca anak TK PKK Tunas Bangsa Desa Ngrejeng Kecamatan Grabagan Kabupaten Tuban melalui implementasi pojok baca di TK PKK Tunas Bangsa Desa Ngrejeng Kecamatan Grabagan Kabupaten Tuban dilakukan disela-sela pembelajaran, anak merasa tertarik berkunjung ke pojok baca karena hiasan, tampilan buku bergambar yang colorfull dan adanya alat-alat mainan menjadi daya tarik pojok baca. Faktor-faktor penghambat minat baca di TK PKK Tunas Bangsa Desa Ngrejeng Kecamatan Grabagan Kabupaten Tuban antara lain: jumlah buku bacaan yang minim, anak belum bisa membaca, dan tampilan buku yang lama tidak diganti. Faktor-faktor pendukung minat baca di TK PKK Tunas Bangsa Desa Ngrejeng Kecamatan Grabagan Kabupaten Tuban antara lain: motivasi untuk belajar membaca, kreativitas, tampilan buku yang menarik dan tempatnya nyaman.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Membaca, pojok baca, Anak Usia Dini |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar > 372.45 Reading Skill Strategies/Strategi Keterampilan Membaca |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | HARTUTIK HARTUTIK |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 08:22 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 08:22 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor NI'MAH, ROUDLOTUN NIDN2125068202 Thesis advisor FIKRI, M.TSAQIBUL NIDN210089201 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3741 |