AULIAURROHMAH, NIDA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA AL-LAGZU AL- ŞURI DALAM MEMBEKALKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL MUFRODAT BAHASA ARAB KELAS III MI AL-FALAH CANGA’AN KANOR BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (358kB)
AWALAN.pdf
Download (870kB)
BAB I.pdf
Download (437kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (443kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (430kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (975kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (361kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (362kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
ahasa Arab merupakan bahasa yang tidak bisa dipisahkan dari islam. Bahasa Arab merupakan bahasa al Quran dan hadits, yang mana bahasa yang digunakan didalam al Quran menggunakan Bahasa Arab. Terdapat problematika siswa yang merasa kesulitan dalam belajar Bahasa Arab sehingga menjadikannya kesulitan dalam menerjemah bacaan yang ada di buku, demikian karena tidak tersedianya sebuah media dan kurangnya penguasaan mufradat yang dimiliki . Pada pengembangan media puzzle bergambar ini sebagai penunjang proses pembelajaran di kelas III MI Al-falah dalam membekali kemampuan siswa menghafal mufradat Bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan media pembelajaran Al-lagzu Al-şuri di MI Al-Falah Canga’an pada mata pelajaran Bahasa Arab kelas III. Serta untuk mengetahui validasi kelayakan dari media pembelajaran puzzle bergambar yang telah dikembangkan pada materi al- ħadiqoh kelas III. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian Research and Develophment (R&D). Penelitian ini merupakan metode penelitian yang digunakan menghasilkan produk. Tahap pengembangan yang digunakan penelitian ini menggunakan model ADDIE yakni analisis, desain, develophment, implementation, dan evaluasi. Data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Penilaian pada media puzzle bergambar melalui 3 validasi yaitu validasi media, validasi materi dan validasi bahasa. Hasil dari pengembangan media Al-lagzu Al-şuri dinyatakan layak dengan persentase 95%. Berdasarkan dari ahli media 93%, ahli materi 97% dan ahli bahasa 93%. Kemudian dari hasil angket respon keseluruhan siswa mendapatkan persentase 95% dengan kriteria sangat valid, dinyatakan produk ini sangat baik dan layak digunakan dalam mata pelajaran Bahasa Arab materi Al-hadiqoh.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Puzzle, Membekali Kemampuan Menghafal Mufradat Bahasa Arab |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nida Auliaurrohmah |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 08:18 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 08:18 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Habibullah, M. Romadlon NIDN2109058801 Thesis advisor Rofi’ah, Firda Zakiyatur NIDN2106089303 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3728 |