PENGEMBANGAN MEDIA AL-LAGZU AL- ŞURI DALAM MEMBEKALKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL MUFRODAT BAHASA ARAB KELAS III MI AL-FALAH CANGA’AN KANOR BOJONEGORO

AULIAURROHMAH, NIDA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA AL-LAGZU AL- ŞURI DALAM MEMBEKALKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL MUFRODAT BAHASA ARAB KELAS III MI AL-FALAH CANGA’AN KANOR BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (358kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (870kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (437kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (975kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (361kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (362kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ahasa Arab merupakan bahasa yang tidak bisa dipisahkan dari islam. Bahasa Arab merupakan bahasa al Quran dan hadits, yang mana bahasa yang digunakan didalam al Quran menggunakan Bahasa Arab. Terdapat problematika siswa yang merasa kesulitan dalam belajar Bahasa Arab sehingga menjadikannya kesulitan dalam menerjemah bacaan yang ada di buku, demikian karena tidak tersedianya sebuah media dan kurangnya penguasaan mufradat yang dimiliki . Pada pengembangan media puzzle bergambar ini sebagai penunjang proses pembelajaran di kelas III MI Al-falah dalam membekali kemampuan siswa menghafal mufradat Bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan media pembelajaran Al-lagzu Al-şuri di MI Al-Falah Canga’an pada mata pelajaran Bahasa Arab kelas III. Serta untuk mengetahui validasi kelayakan dari media pembelajaran puzzle bergambar yang telah dikembangkan pada materi al- ħadiqoh kelas III. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian Research and Develophment (R&D). Penelitian ini merupakan metode penelitian yang digunakan menghasilkan produk. Tahap pengembangan yang digunakan penelitian ini menggunakan model ADDIE yakni analisis, desain, develophment, implementation, dan evaluasi. Data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Penilaian pada media puzzle bergambar melalui 3 validasi yaitu validasi media, validasi materi dan validasi bahasa. Hasil dari pengembangan media Al-lagzu Al-şuri dinyatakan layak dengan persentase 95%. Berdasarkan dari ahli media 93%, ahli materi 97% dan ahli bahasa 93%. Kemudian dari hasil angket respon keseluruhan siswa mendapatkan persentase 95% dengan kriteria sangat valid, dinyatakan produk ini sangat baik dan layak digunakan dalam mata pelajaran Bahasa Arab materi Al-hadiqoh.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Puzzle, Membekali Kemampuan Menghafal Mufradat Bahasa Arab
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nida Auliaurrohmah
Date Deposited: 11 Sep 2023 08:18
Last Modified: 11 Sep 2023 08:18
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Habibullah, M. Romadlon
NIDN2109058801
Thesis advisor
Rofi’ah, Firda Zakiyatur
NIDN2106089303
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3728

Actions (login required)

View Item
View Item