ANALISIS TEKNIK COOPERATIF PLAY DENGAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENUMBUHKAN EMPATI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DHARMA WANITA KEDATON KAPAS BOJONEGORO

NURHIDAYATI, SITI (2023) ANALISIS TEKNIK COOPERATIF PLAY DENGAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENUMBUHKAN EMPATI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DHARMA WANITA KEDATON KAPAS BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (868kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (587kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (406kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Empati merupakan salah satu aspek yang harus ditanamkan dengan optimal sejak usia dini. Anak yang memiliki empati akan menunjukkan sikap toleransi, kasih sayang, memahami kebutuhan orang lain, mau membantu orang lain, pengertian, peduli, dan mampu mengendalikan amarahnya. Salah satu tehnik pembelajaran yang dapat menumbuhkan empati anak adalah dengan menggunakan tehnik cooperatif play melalui media puzzle, tujuan peneliti untuk memberikan gambaran upaya mengembangkan empati anak usia dini melalui cooperatif play dengan puzzle pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Dharma Wanita Desa Kedaton Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen. Rancangan penelitian ini menggunakan desain “one groups pretest – posttest design” yaitu desain penelitian yang terdapat pretest sebelum diberi stimulasi dan posttest setelah di beristimulasi.
Berdasarkan hasil penelitian pada anak usia 4-5 tahun TK Dharma Wanita Desa Kedaton Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro melalui cooperatif play mulai sebelum menggunakan pretest sampai dengan posttest mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Berdasarkan nilai rata-rata hasil empati pretest adalah sebesar 2,88 kemudian pada posttest adalah sebesar 3,23. Sehingga terdapat peningkatan nilai empati sebesar 1,6 dan 0,38. Ternyata hasil evaluasi menunjukkan perbaikan yang cukup signifikan. Dengan demikian proses perbaikan pembelajaran yang dilakukan peneliti dapat terlaksana sesuai dengan tujuan perbaikan, sehingga hasil empati dapat meningkat melalui penerapan cooperatif play.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Empati, Cooperatif Play
Subjects: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 640 Manajemen rumah dan keluarga > 649 Pengasuhan anak; perawatan di rumah bagi para penyandang cacat dan penyakit > 649.7 Moral and Character Training/Pelatihan Pembentukan Moral dan Karakter untuk Anak-anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: SITI NURHIDAYATI
Date Deposited: 11 Sep 2023 08:10
Last Modified: 11 Sep 2023 08:10
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
NI'MAH, ROUDLOTUN
NIDN2125068202
Thesis advisor
FIKRI, M.TSAQIBUL
NIDN210089201
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3727

Actions (login required)

View Item
View Item