NURHIDAYATI, SITI (2023) ANALISIS TEKNIK COOPERATIF PLAY DENGAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENUMBUHKAN EMPATI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DHARMA WANITA KEDATON KAPAS BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.
COVER.pdf
Download (45kB)
AWALAN.pdf
Download (868kB)
BAB I.pdf
Download (587kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (555kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (426kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (642kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (302kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (406kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Empati merupakan salah satu aspek yang harus ditanamkan dengan optimal sejak usia dini. Anak yang memiliki empati akan menunjukkan sikap toleransi, kasih sayang, memahami kebutuhan orang lain, mau membantu orang lain, pengertian, peduli, dan mampu mengendalikan amarahnya. Salah satu tehnik pembelajaran yang dapat menumbuhkan empati anak adalah dengan menggunakan tehnik cooperatif play melalui media puzzle, tujuan peneliti untuk memberikan gambaran upaya mengembangkan empati anak usia dini melalui cooperatif play dengan puzzle pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Dharma Wanita Desa Kedaton Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen. Rancangan penelitian ini menggunakan desain “one groups pretest – posttest design” yaitu desain penelitian yang terdapat pretest sebelum diberi stimulasi dan posttest setelah di beristimulasi.
Berdasarkan hasil penelitian pada anak usia 4-5 tahun TK Dharma Wanita Desa Kedaton Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro melalui cooperatif play mulai sebelum menggunakan pretest sampai dengan posttest mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Berdasarkan nilai rata-rata hasil empati pretest adalah sebesar 2,88 kemudian pada posttest adalah sebesar 3,23. Sehingga terdapat peningkatan nilai empati sebesar 1,6 dan 0,38. Ternyata hasil evaluasi menunjukkan perbaikan yang cukup signifikan. Dengan demikian proses perbaikan pembelajaran yang dilakukan peneliti dapat terlaksana sesuai dengan tujuan perbaikan, sehingga hasil empati dapat meningkat melalui penerapan cooperatif play.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Empati, Cooperatif Play |
Subjects: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 640 Manajemen rumah dan keluarga > 649 Pengasuhan anak; perawatan di rumah bagi para penyandang cacat dan penyakit > 649.7 Moral and Character Training/Pelatihan Pembentukan Moral dan Karakter untuk Anak-anak |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | SITI NURHIDAYATI |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 08:10 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 08:10 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor NI'MAH, ROUDLOTUN NIDN2125068202 Thesis advisor FIKRI, M.TSAQIBUL NIDN210089201 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3727 |