EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ANDROID TV PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS X DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI MA MIFTAHUL ULUM SITIAJI KECAMATAN SUKOSEWU KABUPATEN BOJONEGORO

KHOIRIYAH, IZATUL (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ANDROID TV PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS X DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI MA MIFTAHUL ULUM SITIAJI KECAMATAN SUKOSEWU KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (504kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (765kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (795kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (854kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (517kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (641kB)
[thumbnail of LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar merupakan hasil maksimum yang dicapai siswa setelah melaksanakan proses pembelajaran. Permasalahan yang sering dijumpai dalam pembelajaran adalah kurangnya efektivitas penggunaan media pembelajaran. Hal ini berkaitan dengan hasil akhir proses belajar mengajar. Akidah Akhlak banyak memuat tentang bacaan dan praktek, deskripsi Akhlak yang menuntut siswa untuk memahami dan menanamkan suatu nilai keimanan dan ketakwaan . Maka guru sering menggunakan media pembelajaran berupa Android TV dengan cara menjelaskan materi nya menggunakan video dan bahan bacaan, setelah membaca siswa diberikan pertanyaan oleh guru, sehingga dapat dilihat sejauh mana siswa memahami materi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan menggunakan metode deskriptif kuantitatif (descriptive research) dengan jumlah sampel 50 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket, observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data meliputi uji validitas , reliabilitas dan uji efektivitas untuk mengetahui baik tidaknya instrumen penelitian yang digunakan, uji normalitas dan linieritas, uji hipotesis untuk mengetahui ada pengaruh yang signifikan pada sampel. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: (1) penggunaan media pembelajaran Android TV memudahkan guru dalam memberikan tugas kepada siswa dan juga dapat Meningkatkan Hasil belajar siswa pada pembelajaran akidah akhlak lewat media android TV sehingga siswa tidak merasa jenuh terhadap pembelajaran yang hanya di buku, (2) faktor pendukung dari penggunaan media pembelajaran android TV adalah adanya inisiatif guru dalam memberikan materi. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu server dan jaringan, serta guru kurang pintar dalam menggunakan android TV.(3) media pembelajaran android TV memberikan inisiatif guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasi belajar akidah akhlak,media pembelajaran android TV
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Izatul Khoiriyah
Date Deposited: 11 Sep 2023 03:26
Last Modified: 11 Sep 2023 03:26
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MA'ARIF, M.JAUHARUL
NIDN21218097201
Thesis advisor
MAMLU'AH, AYA
NIDN2126079004
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3604

Actions (login required)

View Item
View Item