IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PAI DI SMP NEGERI 1 GAYAM BOJONEGORO

Nuraini, Siti (2023) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PAI DI SMP NEGERI 1 GAYAM BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (529kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB) | Request a copy

Abstract

Strategi pembelajaran contextual teaching and learning merupakan salah satu stategi yang digunakan untuk pembelajaran setiap hari. SMP Negeri 1 Gayam menjadi salah satu SMP Negeri yang menggunakan strategi pembelajaran tersebut. Contextual Teaching and Learning ialah metode pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk menemukan materi yang dipelajarinya dan mengubungkanya dengan situasi dunia nyata, sehingga siswa didorong penuh untuk dapat menerapkanya dalam kehidupan mereka. Pada penelitian ini terdapat dua rumusan masalah. Pertama bagaimana implementasi strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan motivasi belaja siswa kelas VIII pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Gayam Bojonegoro. Kedua, Bagaimana evaluasi implementasi strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Gayam Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Informan penelitian yaitu kepala sekolah dan guru serta beberapa peseta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Gayam. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) sudah diterapkan di SMP Negeri 1 Gayam (2) Dalam mengimplementasikan hasil evaluasi strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) menunjukan adanya motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Gayam.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), motivasi belajar.
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Nuraini
Date Deposited: 09 Sep 2023 06:47
Last Modified: 09 Sep 2023 06:47
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Aziz, Su'udin
NIDN2121128602
Thesis advisor
Sholahuddin, Agus Moh.
NIDN0710089104
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3510

Actions (login required)

View Item
View Item