MAULIDIYAH, INTAN SAFITRI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CANDY LAND PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN KELAS III MI SAFINATUN NAJAH KALITIDU. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (306kB)
AWALAN.pdf
Download (670kB)
BAB I.pdf
Download (428kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (440kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (514kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (258kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (381kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Matematika merupakan mata pelajaran yang wajib dipelajari di semua jenjang pendidikan. Matematika sangatlah penting diajarkan di Sekolah Dasar karena konsep-konsep yang disajikan merupakan dasar atau pondasi awal dari perhitungan matematika. Untuk memudahkan siswa dalam memahami pembelajaran matematika peneliti melakukan pengembangan media pembelajaran Candy Land.
Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui desain pengembangan media pembelajaran Candy Land pada materi Penjumlahan dan Pengurangan di kelas III MI Safinatun Najah Kalitidu dan untuk mengetahui hasil pengembangan media pembelajaran Candy Land materi Penjumlahan dan Pengurangan di kelas III MI Safinatun Najah Kalitidu
Penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu 1) Analisis (Analyze), 2) Perencanaan (Design), 3) Pengembangan (Development), 4) Implementasi (Implementation), 5) Evaluasi (Evaluation). Dengan teknik pengumpulan data observasi, validasi, angket, tes, dan dokumentasi. Media ini juga divalidasi oleh ahli media, ahli materi dan ahli bahasa.
Hasil penelitian Media Candy Land yang divalidasi oleh ahli materi dan ahli media menyatakan sangat layak dengan hasil ahli materi mencapai 94%, sedangkan dari ahli media mencapai 88%. Dan ahli Bahasa sebesar 98%. Kemudian berdasarkan hasil penerapan media Candy Land dikelas, didapatkan nilai pre-test sebesar 65,83 dan hasil Post-test sebesar 80,83. Dengan hasil ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran Candy Land pada mata pelajaran Matematika materi penjumlahan dan pengurangan di MI sangat layak digunakan.
Kata Kunci: Candy Land, Matematika, Media Pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Candy Land, Matematika, Media Pembelajaran |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Intan Safitri Maulidiyah |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 04:30 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 04:30 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor AMRETA, MIDYA YULI NIDN2130079101 Thesis advisor YULIA, NURUL MAHRUZAH NIDN0722079501 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3477 |