PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMK NEGERI 4 BOJONEGORO

Saputri, Martha Diana (2023) PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMK NEGERI 4 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (583kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (766kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (872kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (631kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (681kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh penerapan kurikulum merdeka terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 4 Bojonegoro. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Negeri 4 Bojonegoro menguraikan pengaruh penerapan kurikulum merdeka terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Negeri 4 Bojonegoro.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Dengan cara mengumpulkan data berupa wawancara dan dokumentasi. Kemudian disebarkan kepada sampel yang diambil secara acak sebanyak 15% dari total keseluruhan siswa kelas X SMK Negeri 4 Bojonegoro yaitu sebanyak 64 orang yang menjadi sampel penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam diawali dengan dilakukannya perencanaan dengan melakukan analisis capaian pembelajaran, merumuskan tujuan pembelajaran yang di dalamnya telah disusun tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, materi pembelajaran dan jenis evaluasi yang digunakan. Pelaksanaan proses pembelajaran dilakukan dengan tatap muka dengan susunan meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan juga penutup. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Teknik analisis yang terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas dan uji hipotesis. Hasil menunjukkan bahwa t hitung lebih besar daripada t tabel (2,632 > 1,999) dan dengan hasil signifikansi lebih kecil 0,05 atau (0,001 ˂ 0,05) yang menunjukkan adanya pengaruh antara penerapan kurikulum merdeka terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 4 Bojonegoro.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: MARTHA DIANA SAPUTRI
Date Deposited: 09 Sep 2023 06:37
Last Modified: 09 Sep 2023 06:37
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Burhanuddin, Hamam
NIDN2109028601
Thesis advisor
Fauziah, Zumrotul
NIDN2112119203
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3475

Actions (login required)

View Item
View Item