Saputri, Martha Diana (2023) PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMK NEGERI 4 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (583kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (766kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (872kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (631kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (681kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pengaruh penerapan kurikulum merdeka terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 4 Bojonegoro. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Negeri 4 Bojonegoro menguraikan pengaruh penerapan kurikulum merdeka terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Negeri 4 Bojonegoro.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Dengan cara mengumpulkan data berupa wawancara dan dokumentasi. Kemudian disebarkan kepada sampel yang diambil secara acak sebanyak 15% dari total keseluruhan siswa kelas X SMK Negeri 4 Bojonegoro yaitu sebanyak 64 orang yang menjadi sampel penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam diawali dengan dilakukannya perencanaan dengan melakukan analisis capaian pembelajaran, merumuskan tujuan pembelajaran yang di dalamnya telah disusun tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, materi pembelajaran dan jenis evaluasi yang digunakan. Pelaksanaan proses pembelajaran dilakukan dengan tatap muka dengan susunan meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan juga penutup. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Teknik analisis yang terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas dan uji hipotesis. Hasil menunjukkan bahwa t hitung lebih besar daripada t tabel (2,632 > 1,999) dan dengan hasil signifikansi lebih kecil 0,05 atau (0,001 ˂ 0,05) yang menunjukkan adanya pengaruh antara penerapan kurikulum merdeka terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 4 Bojonegoro.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | MARTHA DIANA SAPUTRI |
Date Deposited: | 09 Sep 2023 06:37 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 06:37 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Burhanuddin, Hamam NIDN2109028601 Thesis advisor Fauziah, Zumrotul NIDN2112119203 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3475 |