IMPLEMENTASI METODE FOCUS GRUP DISCUSSION UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI KELAS XI DI SMAN 1 KALITIDU

AINURROSYID, M. ILHAM (2023) IMPLEMENTASI METODE FOCUS GRUP DISCUSSION UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI KELAS XI DI SMAN 1 KALITIDU. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (888kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (398kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (347kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy

Abstract

Menurut survei terhadap proses pembelajaran yang dilakukan selama ini, pembelajaran berpusat pada guru. Guru akan selalu menyajikan konten dalam ceramah, kemudian memberikan contoh dan latihan soal untuk siswa. Siswa hanya mengambil informasi guru dalam prosedur ini secara pasif. Wawancara dengan tutor dilakukan untuk mempelajari alasan mengapa siswa tidak memiliki potensi penuh untuk berpikir kreatif.
Berdasarkan uraian diatas permasalahn pokok dalam penelitian ini adalah : Bagaimana Implementasi FGD untuk meningkatkan pemahaman Siswa terhadap mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMAN 1 Kalitidu
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumumpulan datanya diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Bedasarkan hasil penelitian yang di lakukan didapatkan hasil : (1) Memulai pertanyaan yang sifatnya umum kemudian menjurus kepada permasalahan yang khusus yan akan di bahas secara mendalam. Fasislitator menyampaikan topik- topik diskusi sesuai dengan panduan diskusi untuk di diskusikan peserta. Fasilitator mengarahkan kelompok dengan baik. Pelaksanaan Focus Group Discussion mengikuti prinsip-prinsip dan mengikuti panduan diskusi yang sudah di siapkan. Melakukan teknik-teknik diskusi yang di butuhkan untuk memandu diskusi dengan baik, beberapa teknik yang di gunakan dalam Focus Group Discussion.(2) Untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa sesuai dengan apa yang diharapkan, guru menilai dari 2 aspek yaitu dari keaktifan diskusi dan menjawab pertanyaan. Jika terdapat kekurangan atau kesalahan pada unsur-unsur tersebut,maka tidak akan diperoleh hasil belajar yang maksimal sesuai dengan apa yang diharapkan. Berdasarkan teori-teori sebelumnya, dapat diartikan bahwa media gambar akan berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa jika didukung dengan langkah pemilihan dan penerapan yang sesuai. Pemilihan dan penerapan media gambar yang tepat mampu meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi,FGD,Pemahaman Siswa
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M.Ilham Ainurrosyid
Date Deposited: 09 Sep 2023 06:59
Last Modified: 09 Sep 2023 06:59
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
AUFA, ARI ABI
NIDN2107057802
UNSPECIFIED
ANISAH, GIATI
NIDN2104079104
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3435

Actions (login required)

View Item
View Item