PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI DAYS AND MONTHS KELAS IV DI MI ISLAMIYAH BANAT SENORI KABUPATEN TUBAN

ISTIQOMAH, AYU DWI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI DAYS AND MONTHS KELAS IV DI MI ISLAMIYAH BANAT SENORI KABUPATEN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (983kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (831kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (431kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (915kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran merupakan proses terjadinya interaksi siswa dengan sumber belajar agar tercapai sebuah tujuan pembelajaran.. Perkembangan yang cepat pada bidang teknologi menjadikan dunia pendidikan memiliki arah baru. Dahulu pendidikan hanya sebatas education saja, namun pada era saat ini telah berubah menjadi edutaiment.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan media pembelajaran interaktif di MI Islamiyah Banat Senori pada materi bahasa Inggris kelas IV. Serta untuk mengetahui validasi kelayakan dari media pembelajaran yang interaktif yang telah dikembangakan pada materi days and months kelas IV.
Peneliti menggunakan metode penelitian R&D (research and development). Penelitian jenis ini mengacu pada penelitian pengembangan. Penelitian ini nantinya akan menghasilkan jenis produk tertentu yang kemudian nantinya akan diuji keefektifan media yang telah dibuat. Metode ini terdiri dari lima tahap, yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation.
Media pembelajaran yang dikembangkan adalah aplikasi articulate storyline 3 berbasis interaktif untuk mata pelajaran Bahasa Inggris kelas IV. Media tersebut dapat digunakan baik dalam pembelajaran secara daring maupun tatap muka. Presentase nilai uji coba pada tahap pre-test adalah 54,7, sedangkan pada tahap post-test adalah 86,3%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat kenaikan nilai pada tiap kelompok setelah menggunakan media pembelajaran interaktif yang telah dikembangkan oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Articulate storyline 3, Materi Days And Months, Media Pembelajaran Interaktif
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
400 – Bahasa (Bahasa Indonesia dikelas 499) > 420 Bahasa Inggris dan Inggris kuno > 425 Tata bahasa bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ayu Dwi Istiqomah
Date Deposited: 09 Sep 2023 08:18
Last Modified: 09 Sep 2023 08:18
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
HABIBULLAH, MUHAMMAD ROMADLON
NIDN2109058801
Thesis advisor
FITHRIYAH, DEWI NISWATUL
NIDN0721089502
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3405

Actions (login required)

View Item
View Item