Astutik, Siti Fitriana Wiji (2023) PEMANFAATAN LITERASI DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMK MIFTAHUL HUDA TANGGIR. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (433kB)
Awalan.pdf
Download (997kB)
BAB I.pdf
Download (836kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (765kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (537kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (637kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (422kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (664kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Dunia pendidikan saat ini sudah memasuki era digital, proses pembelajaran juga dituntut untuk mengikuti perkembangan zaman salah satunya adalah dengan penerapan literasi digital. Literasi digital merupakan kemampuan seseorang dalam mengoperasikan, menjalankan perangkat digital. Alasan literasi digital di lembaga SMK Miftahul Huda yaitu, memberikan kemudahan bagi siswa dalam hal apapun misalnya untuk proses belajar mengajar, komunikasi, selain itu juga dapat mencegah siswa dalam hal kejenuhan. Lembaga SMK Miftahul Huda merupakan salah satu lembaga yang sudah menerapkan literasi digital pada pembelajaran PAI. Tujuan peneliti untuk mengetahui: bagaimana pemanfaatan literasi digital pada pembelajaran PAI di SMK Miftahul Huda Tanggir, bagaimana hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI di SMK Miftahul Huda Tanggir setelah diterapkannya literasi digital, serta apa saja hambatan pemanfaatan literasi digital pada pembelajaran PAI di SMK Miftahul Huda Tanggir. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Pemanfaatan literasi digital pada pembelajaran PAI di SMK Miftahul Huda Tanggir sudah diterapkan dan dilaksanakan dengan baik. Dalam pelaksanaan literasi digital lembaga SMK Miftahul Huda menggunakan file-file, jurnal, YouTube terkait materi pembelajaran PAI. 2. Hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI di SMK Miftahul Huda Tanggir sudah baik walaupun masih ada yang belum maksimal. 3. Faktor penghambat dalam pelaksanaan literasi digital meliputi siswa, signal atau jaringan, waktu pelaksanaan literasi digital, dan minat baca rendah.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi Digital |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Fitriana Wiji Astutik |
Date Deposited: | 09 Sep 2023 06:04 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 06:04 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Miftah, Zaini NIDN2101067901 Thesis advisor Choiri, Moh. Miftakhul NIDN20704019003 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3402 |