NANDA, EKA VITRIA (2023) IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN HAFALAN SISWA DI MTs TAUHIDIYAH DESA BUBULAN KECAMATAN BUBULAN KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (127kB)
AWALAN-.pdf
Download (680kB)
BAB I.pdf
Download (308kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (366kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (129kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (334kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (98kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (170kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (464kB) | Request a copy
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah kesulitan dalam metode mengahafal al-qur’an pada siswa MTs Tauhidiyah Bubulan Kabupaten Bojonegoro. Dengan Rumusan masalah 1) Bagaimana implementasi metode Ummi dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an di MTs Tauhidiyah Desa Bubulan Kecamatan Bubulan Kabupaten Bojonegoro. 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dari implementasi metode Ummi dalam meningkatkan hafalan Al-Qur‟an di MTs Tauhidiyah Desa Bubulan Kecamatan Bubulan Kabupaten Bojonegoro. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui implementasi metode ummi dan faktor penghambat dalam proses menghafal al-qur’an.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatatif dengan prosedur penelitian yang menghasilan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang- orang dan perilaku yang dapat diamati. Dengan sumber data informan penelitian adalah siswa MTs Tauhidiyah Bubulan Kabupaten Bojonegoro.
Teknik Pengumpulan data yang digunakan observasi, wawncara dan dokumentasi. Teknik analisis data analisis deskriptif. Hasil penelitian ini penerapan metode ummi dalam meningkatkan hafalan al-qur’an siswa di MTs tauhidiyah Bubulan Kabupaten Bojonegoro. Salah satu program unggulan MTs Tauhidiyah dalam pembelajaran Al-Qur’an yaitu belajar Al-Qur’an yang mudah, menyenangkan dan menyentuh hati. Program unggulan tersebut didukung oleh adanya metode Ummi yang telah dipakai selama lima tahun di sekolah MTs Tauhidiyah ini yang telah dimulai pada tahun 2017. Pelaksanaan metode Ummi dalam meningkatkan hafalan anak mengalami kenaikan yang signifikan hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan hafalan anak dengan nilai BSH sebanyak 11 anak, MB sebanyak 3 anak dan BSB sebanyak 2 anak. Setelah ditelaah hasil penelitian dan wawancara dengan pihak yang
bersangkutan mengenai hafalan Al-Qur‟an dengan menggunakan metode Ummi adalah sebagai berikut :
1.Antusias dan semangat anak ketika melaksanakan hafalan Al-Qur’an dengan menggunakan metode Ummi, karena anak merasa senang dalam usia nya yang berkisar usia remaja awal dapat menerapkan metode Ummi dengan mengguakan irama.
2.SDM guru yang sudah bersertifikasi dan 1 guru berbanding 15 anak dan selalu ada upgradeilmu yang diberikan oleh Ummi Foundation
3.Ayat yang dihafalkan selalu bernada sehingga siswa tidak bosan
4.Dukungan dari orangtua untuk anak dalam menghafal ayat- ayat Al- Qur’an.
Selain beberapa faktor yang mendukung di dalam keberhasilan meningkatkan hafalan Al-Qur‟an dengan menggunakan metode Ummi, ada beberapa faktor pengahambat dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an dengan menggunakan metode Ummi, faktor pengahambat tersebut adalah sebagai berikut :
1.Fokus anak yang sering berubah-ubah
2.Kondisi anak yang tidak terkondisikan
3.Kurang efektif nya waktu dalam memulai kegiatan hafalan karena membaca jilid satu dan dua berbeda kelompok.
Kata Kunci: Metode Ummi, Hafalan Al Qur’an
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Ummi,Hafalan Al-Qur'an |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 203 Praktik keagamaan lainnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | EKA VITRIA NANDA |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 03:41 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 03:41 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor MAMLU'AH, AYA NIDN2126079004 Thesis advisor MUTHI'UDIN, AHMAD NIDN0701079402 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3395 |