PENGARUH TATA KELOLA POJOK BACA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA AL FALAH SUGIHWARAS PARENGAN TUBAN

FEBRIANTI, WINDI (2023) PENGARUH TATA KELOLA POJOK BACA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA AL FALAH SUGIHWARAS PARENGAN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (390kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (745kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (561kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (787kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pojok baca merupakan sebuah sudut baca di kelas yang di lengkapi dengan koleksi bahan bacaan yang ditata semenarik mungkin guna untuk menumbuhkan minat baca siswa. Ra Al Falah sudah mempunyai pojok baca tetapi dari segi penataan buku, meja dan rak buku belum menarik minat baca anak. Maka dari pemaparan masalah tersebut peneliti tertarik untuk mengkaji lebih lanjut ke dalam bentuk penelitian ilmiah guna untuk mengetahui pengaruh tata kelola pojok baca sebagai upaya meningkatkan untuk minat baca anak usia 5-6 tahun di Ra Al Falah Sugihwaras yang ada di kecamatan Parengan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre Experimental dengan desain One Group Pretest-Protest Design dengan jumlah sampel 22 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi uji normalitas yang bertujuan untuk mengetahui normal atau tidaknya persebaran data yang akan dianalisis, selanjutnya uji homogenitas untuk mengetahui apakah keduanya memiliki tingkat varian data yang sama atau tidak dan uji hipotesis untuk mengetahui ada pengaruh yang signifikasi pada sampel. Berdasarkan penelitian yang digunakan, didapatkan hasil sebagai berikut: (1) Hasil observasi pengajar dalam kategori sangat baik dengan nilai presentase 80%. Sedangkan pada observasi minat baca siswa termasuk dalam kategori sangat baik dengan mempeoleh nilai presentase 100%. Perolehan hasil nilai rata-rata sebelum diterapkannya tata kelola pojok baca sebesar 37,72 dan sesudah diberi treatment diperoleh peningkatan tata kelola pojok baca sebesar 42,28. (2) Terdapat pengaruh tata kelola pojok baca sesudah diterapkan tata kelola terhadap minat baca anak usia 5-6 di RA AL Falah Sugihwaras Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban. Hasil simpulan tersebut berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang mengatakan nilai alpha 0,05 lebih besar dari nilai sig 0.000.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Tata Kelola, pojok baca, minat baca
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: WINDI FEBRIANTI
Date Deposited: 10 Sep 2023 21:19
Last Modified: 10 Sep 2023 21:19
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
ULFA, ULFA
NIDN2121067401
Thesis advisor
PUSPITASARI, ENDANG
NIDN0720079302
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3361

Actions (login required)

View Item
View Item