ANGGRIANI, NIA (2023) IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TBTQ (TUNTAS BACA TULIS Al-QUR’AN) DENGAN METODE KITABAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS BACA TULIS AL-QUR’AN SISWA DI SMP NEGERI 1 DANDER BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (312kB)
AWALAN.pdf
Download (4MB)
BAB I .pdf
Download (3MB)
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only
Download (7MB) | Request a copy
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only
Download (7MB) | Request a copy
BAB V .pdf
Download (733kB)
DAFTAR PUSTAKA .pdf
Download (1MB)
BIODATA PENELITI DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Implementasi kegiatan ekstrakurikuler baca tulis Al-Qur’an merupkan suatu kegiatan membaca dan menulis Al-Qur’an dengan mengetahui berbagai kaidah yang telah ditetapkan seperti tajwid, makharijul huruf dan panjang pendeknya bacaan sehingga tidak ada perubahan makna pada ayat-ayat Al-Qur’an jika dibaca dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana implementasi kegiatan ekstrakurikuler TBTQ (Tuntas Baca Tulis Al-Qur’an) dengan metode kitābah dalam upaya meningkatkan kualitas baca tulis Al-Qur’an siswa di SMP Negeri 1 Dander Bojonegoro dan apa saja faktor pendukung dan penghambat kegiatan ekstrakurikuler TBTQ (Tuntas Baca Tulis Al-Qur’an) siswa di SMP Negeri 1 Dander Bojonegoro.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus yang beralamat di jalan Raya Sumberarum, No.678, Kec. Dander, Kab. Bojonegoro dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kegiatan ekstrakurikuler baca tulis Al-Qur’an dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru pembimbing dan siswa. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode kitābah dalam kegiatan ekstrakurikuler baca tulis Al-Qur’an dilakukan melalui tahap menulis, membaca di pimpin guru, setoran, paraktik atau tes. (2) Faktor pendukung kegiatan baca tulis Al-Qur’an meliputi motivasi guru dan keluarga, lingkungan yang kondusif, teman dan tingkat kecerdasan siswa. Adapun faktor penghambatnya adalah lingkungan masyarakat, merasa bosan dan mengantuk, kurang lancar dan waktu kegiatan yang singkat.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nia Anggriani |
Date Deposited: | 09 Sep 2023 03:25 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:25 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor NIHAYAH, HAMIDATUN NIDN2124028403 Thesis advisor AZMI, AHMAD RIFQI NIDN0000000000 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3329 |