IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR HUMANISTIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK AKHLAK SISWA DI SMPN 4 BOJONEGORO

Nisak, Fadlillah Khoirun (2023) IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR HUMANISTIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK AKHLAK SISWA DI SMPN 4 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (459kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (761kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (443kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pendekatan humanistik merupakan sebuah pendekatan dalam pembelajaran yang memandang peserta didik sebagai individu yang utuh dan memiliki keunikan serta potensi dan kecerdasan masing-masing. Pendekatan humanistik berusaha untuk memanusiakan manusia dengan mengembangkan potensi yang dimiliki peserta didik serta membantunya untuk dapat mencapai aktualisasi diri melalui berbagai model metode dan strategi pembelajaran yang humanis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep implementasi teori belajar humanistik pada pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membentuk akhlak siswa di SMPN 4 Bojonegoro dan faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membentuk akhlak siswa di SMPN 4 Bojonegoro
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Peneliti memperoleh data dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi berupa triangualasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi teori belajar humanistik pada pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membentuk akhlak siswa di SMPN 4 Bojonegoro telah diterapkan oleh guru melalui: (a) pembelajaran yang sifatnya menyenangkan, kondusif, dan menekankan keaktifan siswa melalui model pembelajaran active learning, strategi pembelajaran discovery, metode pembelajaran diskusi, tanya jawab dan demostrasi serta evaluasi pembelajaran. (b) faktor yang mendukung antara lain siswa dapat diajak bekerja sama dalam pembelajaran serta peran guru yang telah merencanakan pembelajaran dengan baik sehingga mampu menciptakan suasana belajar yang humanis. (c) faktor penghambatnya adalah dari kemampuan guru yang terbatas,guru yang kurang menguasai IT, dan guru pendidikan agama Islam yang tidak sebanding dengan banyaknya siswa sehingga sulit untuk memahami siswa satu persatu.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Teori Belajar Humanistik, Pendidikan Agama Islam, Akhlak, Siswa
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: FADLILLAH KHOIRUN NISAK
Date Deposited: 09 Sep 2023 03:10
Last Modified: 09 Sep 2023 03:10
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Aufa, Ari Abi
NIDN2107057802
Thesis advisor
Nihayah, Hamidatun
NIDN124028403
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3270

Actions (login required)

View Item
View Item