METODE PEMBELAJARAN SOSIODRAMA SEBAGAI UPAYA MENGUATKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI KELAS VII SUGIHWARAS BOJONEGORO

AGUSTIN, ERA DWI (2023) METODE PEMBELAJARAN SOSIODRAMA SEBAGAI UPAYA MENGUATKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI KELAS VII SUGIHWARAS BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of AWALAN .pdf] Text
AWALAN .pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I .pdf] Text
BAB I .pdf

Download (372kB)
[thumbnail of BAB II .pdf] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III .pdf] Text
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV .pdf] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V .pdf] Text
BAB V .pdf

Download (187kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA .pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (486kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan metode pembelajaran sosiodrama digunakan untuk memberikan pemahaman dan mengembangkan kemampuan peserta didik untuk memecahkan suatu masalah dalam menguatkan profil pelajar Pancasila. Hal ini terjadi karena peningkatan keberhasilan peserta didik dalam belajar perlu diterapakan dan dikembangkan sebuah metode yang efektif dan mengikut sertakan peran peserta didik sehingga siswa dapat memperoleh pengalaman belajar yang lebih kongkrit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran sosiodrama pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti. Mengkaji efektifitas metode pembelajaran sosiodrama pada mata pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti, dan mengkaji kelebihan dan kekurangan metode pembelajaran sosiodrama pada mata pelajaran pendidikan agama Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi data reduction untuk merangkum hal-hal yang penting, data display untuk menyajikan data dalam bentuk uraian, dan conclusions drawing/verification untuk menarik kesimpulan dan vrifikasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: metode pembelajaran sosiodrama yang dilakukan pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMPN 1 Sugihwaras sebelumnya dilakukan penerapan dengan tiga tahap: (1) Perencanaan metode pembelajaran sosiodrama didalamnya terdapat tahap awal untuk mengawali proses pembelajaran dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam, (2) Pelaksanaan metode pembelajaran sosiodrama, yaitu setelah dilakukan perencanaan, (3) Evaluasi, didalamnya terdapat kegiatan yang relevan dan dilaksanakan setelah selesai melakukan pembelajaran. Didalam efektifitas metode pembelajaran sosiodrama terdapat indikator respon dari peserta didik. Kelebihan metode pembelajaran sosiodrama peserta didik melatih dirinya untuk memahami dan mengingat isi bahan pembelajaran atau materi ajar. Sedangkan kekurangan metode pembelajaran sosiodrama kurangnya percaya diri kepada peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode sosiodrama, profil pelajar pancasila, pendidikan agama agama islam
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ERA DWI AGUSTIN
Date Deposited: 08 Sep 2023 07:55
Last Modified: 08 Sep 2023 07:55
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
AUFA, ARI ABI
NIDN2107057802
Thesis advisor
NIHAYAH, HAMIDATUN
NIDN2124028403
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3228

Actions (login required)

View Item
View Item