Implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah TK PLUS NURUL ULUM Sukorejo Kabupaten Bojonegoro

Mukaromah, Lailatul (2023) Implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah TK PLUS NURUL ULUM Sukorejo Kabupaten Bojonegoro. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (555kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (669kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Dalam penelitian ini, terdapat masalah yang menjadi latar belakang dilaksanakannya implementasi kurikulum merdeka. Permasalahan tersebut adalah adanya ketertinggalan pembelajaran paska pandemi sehingga mengakibatkan harus belajar lebih keras untuk menyesuaikan pembelajaran. Metode penelitian kualitatif digunakan dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengetahui bagaimana penerapan kurikulum merdeka yang dilaksanakan di TK Nurul Ulum Sukorejo Bojonegoro Implementasi Kurikulum Merdeka di TK Plus Nurul Ulum Sukorejo Bojonegoro mencakup pemberian kebebasan pada peserta didik untuk mengembangkan potensi dan minat, termasuk dalam menggambar dan pemecahan masalah. Tujuannya adalah meningkatkan kualitas pembelajaran dan kreativitas, serta mendorong berpikir kritis. Faktor pendukung meliputi ketersediaan media pembelajaran yang memadai, partisipasi aktif pendidik dan peserta didik, serta dukungan orang tua. Namun, terdapat hambatan berupa kurangnya pemahaman tentang sistem penilaian dan ketiadaan pedoman jelas dari instansi terkait. Diperlukan pelatihan dan kerjasama dengan instansi terkait untuk mengatasi hambatan tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kurikulum Merdeka, TK Plus Nurul Ulum
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 300 Ilmu sosial
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Lailatul Mukaromah
Date Deposited: 08 Sep 2023 08:21
Last Modified: 08 Sep 2023 08:21
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Puspitasari, Endang
NIDN0720079302
Thesis advisor
Kusna, Siti Labiba
NIDN2120018702
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3204

Actions (login required)

View Item
View Item