STUDI KOMPARATIF NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM MODERAT PERSPEKTIF TOKOH ISLAM NUSANTARA DAN ISLAM BERKEMAJUAN

Ikhtiar, Arizal Imam (2023) STUDI KOMPARATIF NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM MODERAT PERSPEKTIF TOKOH ISLAM NUSANTARA DAN ISLAM BERKEMAJUAN. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (773kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (949kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6.pdf] Text
Bab 6.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (597kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy

Abstract

Keberagaman yang dimiliki Indonesia sebagai negara yang masyarakatnya majemuk dan multikultural, yakni meliputi: agama, budaya, suku, dan bahasa tentu dengan keberagaman yang ada perlu adanya keseimbangan. Islam Nusantara dan Islam Berkemajuan dalam nilai-nilai Islam Moderat adalah jawaban bagi masyarakat di Indonesia, upaya deradikalisasi melalui pendekatan pendidikan diharapkan mampu membuat peradaban yang damai di tengah keberagaman yang ada. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, adapun teknik pengumpulan data penelitiannya menggunakan studi kepustakaan, dan penelitian kepustakaan ini bersifat komparatif deskriptif, yaitu membandingkan dua variabel dari perspektif Islam Nusantara dan Islam Berkemajuan, baik dari sumber primer maupun sekunder. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan melalui beberapa sumber pustaka yang di dalamnya memuat pendapat dari para tokoh terkait, dari perbandingan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama, konsep pendidikan Islam moderat perspektif dari Islam Nusantara yaitu pendidikan Islam yang menyemaikan penanaman unsur karakter yang intelektual berbasis keagamaan, cinta budaya dan berkebangsaan. Sedangkan konsep pendidikan Islam moderat perspektif Islam Berkemajuan yaitu pendidikan Islam moderat yang mencerminkan pendidikan holistik yang mencerahkan, sehingga mampu menciptakan manusia moderat. Kedua, persamaan Islam moderat perspektif Islam Nusantara dan Islam Berkemajuan memiliki nilai-nilai dalam sikap pemikiran moderat, yaitu: Tawasuth, Tawazun, I’tidal, Tasamuh, Amar Ma’ruf Nahi Munkar. Sedangkan perbedaannya adalah dalam upaya pergerakannya, Islam Nusantara menghendaki pendidikan Islam moderat yang struktural dan kental akan nuansa kulturalnya, sedangkan Islam Berkemajuan menghendaki pendidikan Islam moderat yang berfokus pada perubahan dalam gerakannya yaitu “reformis-modernis”, salah satunya dengan melakukan perubahan pada pesantren lama menjadi pesantren modern.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Pendidikan, Islam Moderat, Islam Nusantara, Islam Berkemajuan
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arizal Imam Ikhtiar
Date Deposited: 08 Sep 2023 08:49
Last Modified: 08 Sep 2023 08:49
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
UNSPECIFIED
MANSHUR, AHMAD
NIDN2122037701
UNSPECIFIED
SHOFIYUDDIN, AHMAD
NIDN2115058905
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3201

Actions (login required)

View Item
View Item