UPAYA MENGENAL PERASAAN ANAK MELALUI PERMAINAN MENGGAMBAR EMOTICON WAJAH PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL-BAROKAH DESA GLAGAHWANGI KECAMATAN SUGIHWARAS KABUPATEN BOJONEGORO

ZAHROH, SITI ZUMROTUS (2023) UPAYA MENGENAL PERASAAN ANAK MELALUI PERMAINAN MENGGAMBAR EMOTICON WAJAH PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL-BAROKAH DESA GLAGAHWANGI KECAMATAN SUGIHWARAS KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (605kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (839kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (413kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (450kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Fisik motorik dianggap sebagai salah satu aspek perkembangan yang sangat penting untuk dikembangkan karena dengan fisik motorik anak yang dikembangkan serta dilatih nantinya anak akan mempunyai pribadi yang energik, cekatan, dan kuat tidak mudah capek. Selain itu, aspek perkembangan motorik akan berpengaruh terhadap perilaku anak secara langsung dan tidak langsung, secara langsung seperti cara anak bergerak dan secara tidak langsung seperti cara anak memandang dirinya sendiri. Jika perkembangan fisisk motoriknya tidak dikembangkan sejak dini maka nantinya ketika dewasa anak akan menjadi pribadi yang kasar dan kaku, tidak rapi, acak-acakan.
Penelitian ini merupakan kuantitatif quasi eksperimen dengan design one-grup design Pretest dan Posttest. Desain ini diberikan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar anak setelah di terapkannya model pembelajaran menggambar emoticon wajah dalam Upaya mengetahui perasaan anak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan modifikasi pembelajaran menggambar emoticon wajah pada siswa kelompok B TK Al Barokah Glagahwangi, Sugihwaras Bojonegoro. Dengan hasil uji-t besar nilai Signifikasi propability atau sig=0,000 (Sig,<0,05), maka H0 ditolak dan H1 diterima, berarti terdapat pengaruh pembelajaran mengenal perasaan melalui menggambar emoticon wajah pada anak usia 4-5 tahun siswa TK Al Barokah. Apabila dari rata-rata, nilai rata-rata pretest adalah 5,75 sedangakan rata-rata postest adalah 7,47.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: perasaan anak, emoticon wajah, menggambar
Subjects: 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 742 Menggambar perspektif, gambar perspektif
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: SITI ZUMROTUS ZAHROH
Date Deposited: 09 Sep 2023 06:08
Last Modified: 09 Sep 2023 06:10
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
USMAN, AHMAD FARID
2113049001
Thesis advisor
ULFA, ULFA
2121067401
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3192

Actions (login required)

View Item
View Item