LI'ISTIQOMAH, LI'ISTIQOMAH (2023) PENGENALAN BAHASA JAWA KRAMA INGGIL MELALUI BERMAIN PERAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK NURUL UMMAH 06 KEDUNGREJO,BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.
COVER.pdf
Download (101kB)
AWALAN.pdf
Download (606kB)
BAB 1.pdf
Download (498kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (541kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (358kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (549kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (422kB) | Request a copy
BAB VI.pdf
Download (123kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (342kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (575kB) | Request a copy
Abstract
Sopan santun dalam berbicara merupakan implementasi akhlak yang terpuji dimana anak dapat berbicara secara halus, tidak membentak dan dapat mengetahui unggah ungguh dalam berbicara. Jika anak dibiarkan dengan bahasa mereka, mustahil bahasa krama inggil yang sudah ada akan hilang dan akan lahir generasi yang arogan, kasar dan kering dari nilai-nilai etika dan Bahasa yang luhur. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengenalan Bahasa Jawa Krama Inggil Melalui Bermain Peran Pada Anak Usia 4-5 Tahun di Tk Nurul Ummah 06 Kedungrejo Bojonegoro serta faktor pendukung dan penghambat dalam Pengenalan Bahasa Jawa Krama Inggil Melalui Bermain Peran Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Nurul Ummah 06 Kedungrejo, Bojonegoro.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan mengadakan observasi wawancara mendalam dan dokumentasi di Tk Nurul Ummah 06 Kedungrejo, Bojonegoro. pengecekan keabsahan data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data kemudian ditarik kesimpulan.
Hasil Penelitian adalah Pengenalan Bahasa Jawa Krama Inggil Melalui Bermain Peran Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Nurul Ummah 06 Kedungrejo, Bojonegoro dengan cara guru mengumpulkan anak untuk diberikan pengarahan dan aturan dalam permainan, guru menyiapkan alat - alat yang akan digunakan oleh anak-anak untuk bermain peran, guru membagikan tugas kepada anak sebelum bermain peran menurut kelompoknya agar tidak berebut, guru mengumpulkan anak untuk diberi pengarahan, memberi aturan dalam permainan peran, mengabsen serta menghitung jumlah anak, guru hanya mengawasi mendampingi anak dalam bermain peran ,anak bermain peran sesuai tempatnya atau perannya, anak bisa berpindah apabila bosan dengan peran yang di mainkannya.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahasa Krama Inggil, bermain peran,anak usia 4-5 tahun |
Subjects: | 400 – Bahasa (Bahasa Indonesia dikelas 499) > 490 Bahasa-bahasa lain > 499 Bahasa-bahasa Austronesia dan lainnya (Perpustakaan Nasional RI, 2013) > 499.222 Bahasa Jawa |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | LI'ISTIQOMAH LI'ISTIQOMAH |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 05:10 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 05:10 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN UNSPECIFIED UTSMAN, AHMAD FARID NIDN2113049001 UNSPECIFIED KUSNA, SITI LABIBA NIDN2120018702 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3188 |