ZAHRIANI, IVA (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK TERHADAP GURU DALAM KITAB BIDAYATUL HIDAYAH DI RA HIDAYATUL MUBTADI'IN SELOGABUS PARENGAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (57kB)
Awalan.pdf
Download (872kB)
BAB I .pdf
Download (444kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (489kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (366kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (661kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (306kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (318kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Nilai-nilai akhlak yang mulia hendaknya ditanamkan sejak dini melalui pendidikan agama dan diawali dalam lingkungan keluarga, melalui pembudayaan dan pembiasaan. Kebiasaan ini kemudian dikembangkan dan diaplikasikan dalam pergaulan hidup di sekolah dan masyarakat, sehingga anak terbiasa memiliki prilaku dan sopan santun yang baik. Tanpa pembinaan akhlak, masa depan bangsa akan hancur, karena akhlak merupakan modal pokok dalam memajukan suatu bangsa, merupakan modal pokok dalam pembentukan akhlakul karimah dan ketakwaan kepada Allah SWT.
Dari tujuan penelitian ini yang telah dipaparkan di atas yaitu memiliki tujuan Mengetahui Konsep pembelajaran Akhlak Terhadap Guru di RA Hidayatul Mubtadi’in dalam kitab Bidayatul Hidayah, Mengetahui hasil Analisis Pendidikan Akhlak terhadap Guru dalam Kitab Bidayatul Hidayah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode Implementasi Pendidikan Akhlak terhadap guru dalam kitab Bidayatul Hidayah di RA Hidayatul Mubtadi’in. Data diperoleh melalui Observasi dan wawancara terhadap Kepala sekolah, Guru dan Wali Murid di RA Hidayatul Mubtadi’in.
Dengan di hasilkan penelitian Implementasi Pendidikan Akhlak terhadap guru dalam meningkatkan Karakter baik pada Anak usia dini di RA Hidayatul Mubtadi’in Selogabus Parengan menjadi lebih baik Karakter baik pada Anak usia dini di RA Hidayatul Mubtadi’in Selogabus Parengan menjadi lebih baik, dengan di buktikan adanya Kegiatan Bersalaman pada saat datang pagi hari dengan merundukkan Kepala, membaca do’a sebelum memulai pelajaran, meminta izin ketika mau keluar dan berbicara sopan dengan nada yang rendah serta pembisaan Hafalan Juz 30.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Akhlak, Kitab Bidayatul Hidayah, PIAUD |
Subjects: | 200 – Agama > 220 Alkitab > 220 Alkitab 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Iva Zahriani |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 04:24 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 04:24 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor ULFA, ULFA NIDN2121067401 Thesis advisor UTSMAN, AHMAD FARID NIDN2113049001 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3182 |