KHOLIFAH, KHOLIFAH (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN AIR ( AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION ) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN FIKIH DI MTS SUNAN BONANG PARENGAN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (519kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (878kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (922kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (679kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (861kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (599kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (716kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Keberhasilan penyelenggaraan pendidikan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah penggunaan model pembelajaran yang tepat, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Konsep penerapan dan langkahlangkah metode pembelajaran AIR pada mata pelajaran Fiqih dalam meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik pada mata pelajaran Fiqih, untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi metode pembelajaran AIR pada mata pelajaran Fiqih di MTs Sunan Bonang. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan lokasi penelitian di MTs Sunan Bonang Parengan Tuban menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah pendidik mata pelajaran Fiqih dan peserta didik kelas VII. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan menyimpulkan data. Berdasarkan hasil dapat penulis simpulkan bahwa perencanaan pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan kognitif sebagai berikut: melakukan pogram pertemuan wali murid satu bulan satunkai, menentukan indikator capaian perkembangan kognitif menentukan pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan rancangan, membuat media pembelajaran yang dapat mengembangkan kognitif, menilai program pengajaran. Penelitian ini menunjukan empat tahap tersebut yang dapat digunakan dalam perencanaan pembelajaran dalam mengembangkan kognitif peserta didik. faktor penghambat ada dua golongan internal dan ekternal, golongan internal jasmani dan rohani, golongan ekternal keluraga, masyakarat, lingkungan sekolah.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran AIR (auditory, intellectually, repetition), Kemampuan Kognitif, Mata pelajaran fikih |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus 700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 707 Pendidikan, penelitian, topik terkait bidang kesenian dan karya seni |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | KHOLIFAH KHOLIFAH |
Date Deposited: | 09 Sep 2023 05:02 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 05:02 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Manshur, Ahmad NIDN2122037701 Thesis advisor Habibullah, Romadlon NIDN2109058801 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3068 |