IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN AIR ( AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION ) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN FIKIH DI MTS SUNAN BONANG PARENGAN TUBAN

KHOLIFAH, KHOLIFAH (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN AIR ( AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION ) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN FIKIH DI MTS SUNAN BONANG PARENGAN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (519kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (878kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (922kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (679kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (861kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (599kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (716kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Keberhasilan penyelenggaraan pendidikan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah penggunaan model pembelajaran yang tepat, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Konsep penerapan dan langkahlangkah metode pembelajaran AIR pada mata pelajaran Fiqih dalam meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik pada mata pelajaran Fiqih, untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi metode pembelajaran AIR pada mata pelajaran Fiqih di MTs Sunan Bonang. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan lokasi penelitian di MTs Sunan Bonang Parengan Tuban menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah pendidik mata pelajaran Fiqih dan peserta didik kelas VII. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan menyimpulkan data. Berdasarkan hasil dapat penulis simpulkan bahwa perencanaan pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan kognitif sebagai berikut: melakukan pogram pertemuan wali murid satu bulan satunkai, menentukan indikator capaian perkembangan kognitif menentukan pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan rancangan, membuat media pembelajaran yang dapat mengembangkan kognitif, menilai program pengajaran. Penelitian ini menunjukan empat tahap tersebut yang dapat digunakan dalam perencanaan pembelajaran dalam mengembangkan kognitif peserta didik. faktor penghambat ada dua golongan internal dan ekternal, golongan internal jasmani dan rohani, golongan ekternal keluraga, masyakarat, lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran AIR (auditory, intellectually, repetition), Kemampuan Kognitif, Mata pelajaran fikih
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 707 Pendidikan, penelitian, topik terkait bidang kesenian dan karya seni
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: KHOLIFAH KHOLIFAH
Date Deposited: 09 Sep 2023 05:02
Last Modified: 09 Sep 2023 05:02
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Manshur, Ahmad
NIDN2122037701
Thesis advisor
Habibullah, Romadlon
NIDN2109058801
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3068

Actions (login required)

View Item
View Item